Pemkab Sumedang Teliti Batu Purbakala Sanghyang, Potensi Jadi Wisata Baru

Rizal Fadillah
Batu Purbakala Sanghyang. (Foto: Ist)

SUMEDANG, iNewsBandungRaya.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) terus melakukan pendampingan eksplorasi temuan benda-benda purbakala.

Temuan yang terus dilakukan eksplorasi di antaranya batu Sanghyang di Pasirlandak, Dusun Cigalagah, Desa Nagrak, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang.

Kabid Kebudayaan Disparbudpora Sumedang, Budi Akbar mengatakan, batu-batu berukuran besar tersebut dapat mengeluarkan suara dengan notasi yang berbeda-beda. Secara jenis struktur batuan yang biasa disebut Columnar Joint ini rupanya bukan batuan biasa.

Terlebih, struktur batuan ini memiliki dampak ilmu pengetahuan yang sangat tinggi sehingga dapat menarik para akademisi untuk mengetahui lebih dalam mengenai fenomena struktur batuan tersebut.

"Jadi ada sebuh istilah yang dinamakan columnar joint, yang mana itu adalah salah satu fenomena struktur geologi yang terdiri dari kolom-kolom poligonal. Biasanya berbentuk batang-batang poligonal persegi delapan, persegi enam dan tersusun relatif seragam dengan rapi," kata Budi, Senin (24/6/2024).

Editor : Rizal Fadillah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network