Jelajahi Taman Bunga Lavender Isparta, Surga Alam dan Sejarah di Turki

Agus Warsudi
Padang bunga lavender di Isparta, Turki. (FOTO: ISTIMEWA)

Selain panen bunga mawar yang melimpah, Isparta kini terkenal dengan produksi lavender. Saat ini, kebun lavender di desa Kuyucak, di distrik Keçiborlu, Isparta, menyumbang 90 persen dari produksi lavender di Turki. 

Setelah dipanen, lavender basah dan kering diproses setelah menjadi krim, sabun, minyak, minyak wangi, dan produk lainnya. Setelah panen mawar, panen lavender dimulai dari akhir Juli hingga pertengahan Agustus.

Bintang Terang di Danau

Pesona Isparta tidak hanya terbatas taman mawar dan lavender melimpah, tetapi juga meliputi sebagian besar kawasan danau di Basin Mediterania yang memiliki beberapa danau. 

Selama perjalanan ke Isparta, Anda dapat mengunjungi Egirdir, danau terbesar di wilayah ini, dan Kovada, terletak di taman nasional. Di distrik Egirdir, terdapat kota “CittaSlow” yang berada di tepi Danau Egirdir.

Kawasan ini merupakan keajaiban alam indah yang dikelilingi oleh kebun apel terkenal di distrik tersebut. Anda dapat berjalan kaki atau bersepeda mengelilingi danau, menikmati wisata perahu, dan menyantap ikan segar di restoran tepi danau. 

Ada dua pulau di Danau Egirdir, yaitu, Pulau Can yang relatif sepi dan sering digunakan untuk berkemah serta piknik. Di Pulau Yesil terdapat desa dengan rumah-rumah kayu dan jalan-jalan sempit, terkenal dengan Gereja Aya Stefanos, yang merupakan situs Kristen terkemuka. 

Selain Danau Egirdir, distrik ini juga memiliki Kastil Egirdir, yang berasal dari zaman Romawi Timur, dan Masjid Hizirbey yang berusia 800 tahun. 

Editor : Ude D Gunadi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network