Indonesia Diserbu Produk China, Kang Ace Dorong BPJPH Beri Subsidi Sertifikasi Halal UMKM

Agus Warsudi
Wakil Ketua Komisi VIII DPR Tubagus Ace Hasan Syadzily. (FOTO: ISTIMEWA)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadizily mendorong Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) memberikan subsidi silang penerbitan sertifikasi halal untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam negeri.

Dorongan itu disampaikan Kang Ace, sapaan Tubagus Ace Hasan Syadzily, saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VIII DPR RI dengan Kepala BPJPH Kemenag Muhammad Aqil Irham tentang penerapan jaminan produk halal di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (3/67/2024).

Kang Ace mengatakan, berdasarkan data pemohon sertifikat halal dari luar negeri, negara pemohon terbesar pertama adalah China. Negara lain puluhan, China sudah 1.888 permohonan sertifikat halal dengan jumlah produk 38.000.

Artinya ini mencerminkan, pasar Indonesia digempur oleh produk China. Termasuk kehalalannya pun dikuasai China. Syukurnya, China menunjukkan ketaatan kepada aturan sertifikasi halal yang diwajibkan oleh pemerintah Indonesia.

Singapura sebagai pemohon sertifikasi halal terbesar kedua yang menunjukkan bahwa Singapura merupakan negara produsen walau kecil. Yang ketiga, Malaysia. Ini mencerminkan, Malaysia sangat serius menjadi eksportir, menjadikan Indonesia sebagai pasar. Yang keempat, India.

Editor : Ude D Gunadi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network