Manfaatkan Potensi Bisnis Pariwisata, Pemkab Bandung Latih Generasi Muda Jadi Tour Guide

Rizal Fadillah
Pemkab Bandung Latih Generasi Muda Jadi Tour Guide. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bandung mencapai 6-7 juta jiwa setiap tahunnya. Melihat kunjungan wisatawan yang cukup signifikan itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung berusaha untuk memanfaatkan potensi dan peluang usaha atau bisnis pariwisata yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Atas dasar potensi kunjungan wisatawan itu, Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bandung melaksanakan pelatihan tour guide dengan sasaran para pemuda setempat yang akan dipersiapkan sebagai pekerja lokal yang berkaitan dengan pesatnya kunjungan wisatawan yang tersebar di sejumlah desa di Kabupaten Bandung.

Dinas Ketenagakerjaan mengundang puluhan warga usia produktif yang tersebar di Desa Karya Laksana, Kecamatan Ibun dan Desa Lamajang, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung di Jalan Raya Dayeuhkolot-Banjaran Desa Cimalaka Kecamatan Baleendah. 

Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Rukmana mengatakan, bahwa puluhan generasi muda yang berasal dari sejumlah desa itu dibekali pendidikan dan pelatihan tentang tour guide. 

"Dengan harapan mereka setelah memahami tentang tour guide tersebut berdampak pada ekonomi masyarakat. Selain itu dapat mengurangi angka pengangguran, sebagaimana yang menjadi harapan pemerintah maupun masyarakat," ucap Rukmana di sela-sela pelaksanaan pelatihan tour guide, Rabu (3/7/2024).

Editor : Rizal Fadillah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network