Kisah Inspiratif dan Tips Jitu dari Dr. Maya Nabila Raih Sukses Studi S3 dalam Usia 24 Tahun

Vitrianda Hilba Siregar
Kisah inspiratif kali ini datang dari ITB. Dr. Maya Nabila, M.Si., penerima Beasiswa PMDSU dan lulusan termuda program doktoral ITB tahun 2024 dalam usia 24 tahun, Foto: ITB

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Kisah inspiratif kali ini datang dari kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). ITB belum lama ini menyelenggarakan MSM-DSM Lounge dengan tema "Optimizing Time and Quality: A Practical Guide for Master and PhD On-Time Degree Completion". Acara daring ini menghadirkan Dr. Maya Nabila, M.Si., penerima Beasiswa PMDSU dan lulusan termuda program doktoral ITB tahun 2024 dalam usia 24 tahun, sebagai pembicara.

Dr. Maya membagikan strategi jitu untuk meraih kesuksesan dalam studi pascasarjana, bertajuk "Success in Graduate Studies". Beliau menekankan pentingnya tujuan yang jelas, strategi yang tepat, dan semangat pantang menyerah. Tak lupa, dukungan dari lingkungan sekitar juga menjadi kunci utama dalam menghadapi berbagai tantangan.

Berikut poin-poin penting dari paparan Dr. Maya:

1. Menentukan Tujuan dan Motivasi

Pertanyaan ini menjadi landasan awal: Apa yang ingin Anda capai dengan menyelesaikan studi ini? Apa yang akan Anda lakukan dengan pengetahuan yang Anda peroleh nanti? Jawaban yang jelas dan kuat akan menjadi motivasi utama dalam menjalani proses studi.

2. Merumuskan Strategi

Kunci utama kesuksesan studi pascasarjana adalah strategi yang tepat. Beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

  • Merancang timeline: Buatlah jadwal terstruktur dan realistis untuk setiap tahap studi, mulai dari pengumpulan data hingga penyelesaian disertasi.
  • Membentuk Kelompok Studi: Bergabunglah dengan kelompok studi untuk saling membantu menyelesaikan tugas dan mengatasi tantangan bersama.
  • Memilih Mata Kuliah yang Relevan: Pilihlah mata kuliah yang mendukung topik penelitian Anda dan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan.
  • Memilih Promotor yang Tepat: Carilah promotor yang memiliki keahlian dan pengalaman di bidang yang Anda teliti dan dapat memberikan bimbingan dan dukungan yang baik.
  • Mengatur Waktu dan Meningkatkan Efisiensi: Prioritaskan tugas, buatlah jadwal yang realistis, dan manfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi waktu.

    Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

    Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network