655 Siswa dari 5 SMK Telkom Antusias Ikut Webinar Cyber Security Awareness

Agus Warsudi
Ratusan siswa mengikuti webinar pelatihan Cyber Security Awareness. (FOTO: ISTIMEWA)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Dalam upaya memberikan pemahaman pentingnya menjaga data pribadi di dunia maya bagi pelajar, Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) menggelar webinar "Cyber Security Awareness" yang diikuti ratusan siswa dari 5 SMK Telkom.

Sebanyak 655 siswa peserta pelatihan itu dari SMK Telkom Malang, SMK Telkom Jakarta, SMK Telkom Purwokerto, SMK Telkom Banjarbaru, dan SMK Telkom Sidoarjo. Mereka antusias mengikuti pelatihan di SMK Telkom Malang pada Rabu 2 Juli 2024.

Pelatihan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan serupa yang dilakukan secara onsite di Kampus Telkom Makassar dan SMK Telkom Malang pada akhir Juni 2024.

Materi pelatihan lebih dikhususkan pada pendalaman data personal di seluruh platform media sosial (medsos), mulai kategori data pribadi hingga modus para pelaku kejahatan siber menjalankan aksinya. Sehingga kita harus menyiapkan antisipasi dan proteksi terhadap data pribadi di media sosial. 

Beberapa pemateri juga menjelaskan mengenai social engineering atau praktik manipulasi psikologis yang dilakukan oleh penyerang (pelaku kejahatan siber) untuk memperoleh informasi sensitif, mendapatkan akses ke sistem atau sumber data yang seharusnya terbatas. Serangan ini seringkali menggunakan sosial dan psikologi manusia untuk mencapai tujuan mereka.

Editor : Ude D Gunadi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network