Milestone Pameran Perdana ART IASR Hadirkan Karya Seni Rupa Alumni ITB

Abbas Ibnu Assarani
Suasana pengunjung mengapresiasi karya 50 seniman dalam pameran ART IASR - ITB di art gallery Lawangwangi Creative Space, Bandung, usai dibuka secara resmi oleh Dekan FSRD-ITB, Bapak Rikrik Kusmara pada Kamis (15/8/2024). (Foto:Istimewa)

Pelukis paling senior (angkatan 1960 di seni rupa ITB) pada pameran perdana ART IASR ini,Erna Garnasih Pirous, mengatakan bahwa setiap generasi memiliki kekhasan dalam praktik seni yang disertai wawasan keilmuan serta pengalaman seninya masing-masing.

Menurutnya, dalam perkembangan mutakhir praktek seni rupa, lintas bidang dalam dunia seni sangat lazim dilakukan para alumni, banyak lulusan bidang desain misalnya melompat pagar batas ke seni lukis, patung dan sebagainya, pun sebaliknya.

“Kefleksibelan sekat seni rupa hari-hari ini bahkan menunjukan lintas keilmuan, beberapa terlibat dalam proyek-proyek bersifat kemasyarakatan, dunia kuliner, teknologi dan lain sebagainya. Berbagai perubahan paradigma seni adakalanya dipengaruhi suatu gerakan kelompok kultural tertentu maupun pemikiran baik lokal maupun global, selain tentunya dinamika perkembangan ekonomi,” tutur Rifky "Goro" Effendy, Kurator dan Koordinator, di Lawangwangi Creative Space, Lembang, Bandung, Kamis (15/8) sore. 

Agus Suwage, lulusan seni grafis sebagai contoh, tidak hanya membuat gambar (drawing) dan lukisan, ia juga mengeksplorasi media dengan cara mencampur penempatan medium gambar dengan dan berbagai media industrial untuk menyajikan karya instalasi multimedia. 

Demikian halnya dengan Tisna Sanjaya  dengan eksplorasi seni grafis serta medium lain pada karya-karyanya. Kita bisa melihat karya seni lukis realisme melalui sapuan kuas R.E. Hartanto dan Yogie Achmad Ginanjar yang mengolah cat minyak dan akrilik di atas kanvas - sebagaimana lazimnya lukisan di era sekarang -dengan kekuatan meramu konteks  dan konten melalui pencapaian seni lukis yang tidak diragukan lagi. 

Serta alumni seni rupa ITB paling muda dalam pameran ART IASR ini, yaitu Restu Taufik Akbar, lulusan seni lukis, yang melukis di atas permukaan logam stainless yang memantul menggunakan polyurethane, nitrocellulose dan vitrail.

Editor : Abdul Basir

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network