Bawaslu Jabar Bekali Ratusan Siswa Siswi Pengetahuan Pengawasan Partisipatif

Rizal Fadillah
Bawaslu Jawa Barat menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Barat menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bertajuk 'Pemilih Pemula Cerdas Mengawasi” pada Pemilihan Tahun 2024 di Provinsi Jawa Barat' yang digelar eL Royale Hotel, Kota Bandung, Sabtu (31/8/2024).

Kordiv Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Jabar, Nuryamah mengatakan, acara ini merupakan bentuk pelaksanaan perintah dari Perbawaslu nomor 2 tahun 2023. 

"Jadi bagaimana caranya Bawaslu ini harus banyak menjaring mengajak masyarakat untuk menjadi pengawas partisipatif," ucap Nuryamah.

Dalam kegiatan ini, kata Nuryawah, Bawaslu Jabar mengundang forum OSIS se-Jabar dengan dihadiri lebih dari 100 orang peserta.

"Tidak hanya di Kota Bandung saja tapi se Jawa Barat hari ini, hadir berjumlah 100 orang dan juga didampingi oleh Disdik," ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan ini juga menjadi bentuk komitmen Bawaslu Jabar dan Disdik dalam rangka memberikan pemahaman ataupun pendidikan politik kepada pemilih pemula.

"Yang disampaikan tentu adalah yang pertama bagaimana peran dari pada ketua Osis-osis ini sebagai pemimpin yang ada di sekolahnya dan sebagai pemilih pemula mereka memahami bahwa tahapan pemilihan ini banyak sekali aturan-aturan yang memang harus menjadi tanggung jawab bersama," terangnya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan edukasi kepada para ketua Osis ini tentang hak pilih dalam Pilkada 2024.

"Konteks pilih ini bukan mereka sebagai objek ya tetapi pertama memastikan bahwa mereka ini terdaftar sebagai DPT lah ya sebagai pencoblos ketika mereka sudah umurnya di 17 tahun," imbuhnya.

Ketika sudah memasuki umur 17 tahun, lanjut Nuryamah, mereka juga harus memahami konteks pengawasan tahapan.

"Konteks tahapan itu bagaimana cara melaporkan, bagaimana cara mengawasi, bagaimana juga cara mengedukasi," ujarnya.

Sehingga informasi yang telah disampaikan dalam kegiatan ini, diharapkan bisa disosialisasikan kembali kepada para pelajar di sekolahnya masing-masing.

"Kan Osis ini mereka punya pasukan-pasukan lagi tuh di kabupaten kota dalam konteks sekolah-sekolahnya nah mereka yang hari ini kita undang diberikan edukasi harus disampaikan kembali kepada sekolah-sekolah yang dinaunginya," katanya.

"Jadi intinya mereka sebagai cikal bakal sebagai kepanjangan kita untuk menginformasikan kepada pemilik pemula, khususnya siswa-siswa yang umurnya sudah 17 tahun. Sehingga mereka punya keinginan, punya kemampuan untuk menjadi pengawas partisipatif," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network