Kisah Jhon Richard Christhoper, Penjual Kopi Raup Omzet Ratusan Juta Lewat Lokapasar

Abbas Ibnu Assarani
Hari Kopi Sedunia, Jhon Richard Christhoper menceritakan kesuksesannya mendirikan ‘Fugol Coffee Roasters’ hingga raup omzet ratusan juta lewat Tokopedia. (Foto:Abbas)

Sebagai Pemenang Pertama Indonesia Brewers Cup Championship 2022 dan posisi ke-5 dalam ajang World Brewers Cup 2022, Jhon semakin mengetahui berbagai tren kopi yang terjadi di dunia.

Untuk meningkatkan penjualan produk kopi Fugol Coffee Roasters, Jhon mulai berjualan di Tokopedia sejak 2019. "Memasuki tahun 2020 saat pandemi melanda, kami mulai fokus untuk meningkatkan branding Fugol Coffee Roasters dan memaksimalkan strategi berjualan online di Tokopedia dengan memanfaatkan fitur TopAds, Bebas Ongkir, cashback, hingga Broadcast Message. Kami juga aktif mengikuti kampanye Tokopedia NYAM!," ujar Jhon.

“Hasilnya, Tokopedia berkontribusi besar terhadap penjualan online Fugol Coffee Roasters. Per bulannya, Fugol Coffee Roasters memperoleh omzet hingga ratusan juta rupiah. Bahkan Fugol Coffee Roasters telah menjangkau konsumen yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, seperti Aceh, Pemalang, Makassar, Bali, Labuan Bajo, hingga Papua. Untuk menggaet konsumen baru, Fugol Coffee Roasters menggunakan ShopTokopedia untuk meningkatkan awareness terhadap product knowledge hingga pengetahuan seputar biji kopi melalui fitur video singkat di aplikasi TikTok,” pungkas Jhon.

Kampanye Tokopedia dan ShopTokopedia memberi dampak positif terhadap perkembangan penjualan produk kopi Indonesia.

Berkat kehadiran beragam inisiatif yang secara konsisten diimplementasikan Tokopedia dan ShopTokopedia, tercatat bahwa, Groceries (termasuk makanan dan minuman hingga kecantikan dan perawatan tubuh), Rumah Tangga, dan Elektronik menjadi kategori paling laris secara nasional selama kuartal III 2024.

Data internal Tokopedia menunjukkan Bumbu dan bahan masakan, minuman termasuk kopi, perawatan wajah, perlengkapan kebersihan dan obat-obatan menjadi produk pada kategori Groceries yang paling laris sepanjang kuartal III 2024.

Editor : Abdul Basir

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network