Kisah Jhon Richard Christhoper, Penjual Kopi Raup Omzet Ratusan Juta Lewat Lokapasar

Abbas Ibnu Assarani
Hari Kopi Sedunia, Jhon Richard Christhoper menceritakan kesuksesannya mendirikan ‘Fugol Coffee Roasters’ hingga raup omzet ratusan juta lewat Tokopedia. (Foto:Abbas)

Jhon Richard Christhoper sudah mengenal dunia kopi sejak kecil. Ketika Jhon duduk di bangku SMP, ibunya pernah membuka warung kopi kecil-kecilan di pasar di Pontianak. Setiap hari Jhon mengantar ibunya ke pasar. Dari situ, Jhon mulai mengenal aroma, rasa, dan warna kopi. Namun, Jhon baru benar-benar secara langsung terjun di industri kopi saat merantau untuk menempuh studi di Bandung.

"Di tahun 2015, saya sempat memiliki kedai kopi pertama dekat kampus di Bandung. Lalu pada tahun 2019, saya akhirnya mendirikan Fugol Coffee Roasters. Kata 'Fugol' sendiri merupakan singkatan dari 'Future and Goals'," ungkap Jhon.

Jhon membangun Fugol Coffee Roasters dengan tujuan agar konsumen dapat menikmati kopi dengan cita rasa berkualitas tanpa perlu menghabiskan waktu yang lama. Bahkan, untuk memudahkan konsumen, Jhon tanpa ragu membagikan resep ala Fugol Coffee Roasters agar konsumen dapat merasakan rasa yang optimal. 

Untuk memenuhi kebutuhan pecinta kopi, Fugol Coffee Roasters menghadirkan pilihan grind size untuk memudahkan ketika menyeduh kopi tanpa memakan waktu lama. Misalnya seperti menghadirkan pilihan giling biji kopi kasar, medium, halus, hingga V60.

"Fugol Coffee Roasters selalu membeli biji kopi Indonesia dengan jumlah kuantitas besar langsung dari para petani kopi. Kami juga selalu mengutamakan pembayaran di awal dan secara adil, karena kami ingin para petani kopi bisa meningkatkan standar kebun kopi sehingga bisa menghasilkan benih kopi yang baik. Hingga kini, Fugol Coffee Roasters membeli biji kopi asal Kamojang, Jawa Barat, langsung dari Koperasi Petani Kopi Wanoja. Bahkan produk 'Watermelon Smash!' hasil olahan Fugol Coffee Roasters dari biji kopi Wanoja menjadi paling favorit," cerita Jhon.

Dengan bekal pengetahuan dunia kopi yang mendalam, Jhon pun bisa meraih peluang dan memenangkan berbagai kompetisi barista kopi skala nasional dan internasional. Baginya, memiliki motivasi dan panggilan hati menjadi modal bagi seseorang yang tertarik mengikuti kompetisi barista. 

Editor : Abdul Basir

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network