Kisah Jhon Richard Christhoper, Penjual Kopi Raup Omzet Ratusan Juta Lewat Lokapasar

Abbas Ibnu Assarani
Hari Kopi Sedunia, Jhon Richard Christhoper menceritakan kesuksesannya mendirikan ‘Fugol Coffee Roasters’ hingga raup omzet ratusan juta lewat Tokopedia. (Foto:Abbas)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id  - Menyambut hari Kopi Sedunia 2024, Tokopedia dan ShopTokopedia secara konsisten memberdayakan pelaku usaha di Indonesia khususnya petani kopi.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2023 produksi kopi di Indonesia mencapai lebih dari 760.000 ton. Selain itu, 10 provinsi penghasil kopi terbesar menurut data BPS meliputi Sumatra Selatan, Lampung, Sumatera Utara, Aceh, Bengkulu, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, dan Sumatra Barat.

Head of Communications E-commerce Tokopedia and ShopTokopedia, Aditia Grasio Nelwan menyampaikan Tokopedia dan ShopTokopedia terus berupaya memberikan panggung bagi para produsen maupun penjual kopi untuk menjangkau pasar domestik yang lebih luas.

“Melalui berbagai inisiatif seperti Tokopedia NYAM! dan Tokopedia Coffee Fest. Kami berharap semakin banyak pahlawan ekonomi yang muncul di industri kopi Indonesia,” ujar Aditia Grasio Nelwan di Bandung, Senin (30/9/2024).

Selain itu, Tokopedia dan ShopTokopedia juga terus menggencarkan program Pelatihan Pascapanen dan Peningkatan Mutu Biji Kopi' bagi petani kopi lokal agar bisa semakin berdaya saing dengan meningkatkan kualitas biji kopi. Sejauh ini, Tokopedia dan ShopTokopedia telah memberi pelatihan bagi lebih dari 1.000 petani kopi dari Lahat, Sumatra Selatan, dan akan terus merambah ke kota lain.

Tokopedia dan ShopTokopedia pun terus menggencarkan beragam kampanye serta fitur Live Shopping yang dapat mendukung pelaku usaha lokal mempromosikan produk secara online lebih interaktif dan menarik. Fitur ini turut dimanfaatkan oleh salah satu UMKM kopi asal Bandung, Fugol Coffee Roasters, dalam meningkatkan eksposur terhadap brand.

Simak kisah pemuda ini dirikan 'Fugol Coffee Roasters' hingga berhasil raih posisi ke-5 di ajang bergengsi World Brewers Cup 2022.

Editor : Abdul Basir

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network