Calon Wali Kota Bandung Farhan Janji Tingkatkan Sejahterakan Guru Honorer

Abbas Ibnu Assarani
Calon wali kota Bandung, Muhammad Farhan menggelar pertemuan dengan Asosiasi Guru dan Tenaga Honorer (AGTH) se-Kota Bandung, Sabtu (5/10/2024). (Foto:Istimewa)

"Jadi harus sekreatif mungkin, agar pendapatan guru honorer terus bertambah," katanya. Penambahan pendapatan bagi guru honorer ini bisa dilakukan dengan mengkombinasikan mata anggaran dari berbagai operasional perangkat daerah (OPD) hingga pemerintah pusat.

"Anggaran pendidikan 20%, tapi tidak semuanya berada di dinas pendidikan. Ada juga di dinas lain yang sifatnya untuk kebutuhan pendidikan, ada juga dari pemerintah pusat," jelasnya.

Sebagai contoh, menurutnya guru honorer bisa memperoleh tambahan pendapatan dengan dilibatkan dalam program-program kepelatihan maupun pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) yang dijalankan lembaga-lembaga kepelatihan. 

"Pelatihan-pelatihan ini menggunakan tenaga pengajarnya dari guru honorer. Misalnya untuk pelajaran bahasa ataupun keterampilan lainnya. Jadi guru-guru honorer bisa mengajar di PKBM dan LKP," kata dia.

Editor : Abdul Basir

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network