Khawarid mengatakan, Pesona Timur Indonesia dikemas sebagai wahana menampilkan keindahan dan keunikan desa-desa yang telah berhasil mengolah dan memanfaatkan potensi mereka secara mandiri.
"Fokus utama adalah pada salah satu hubungan erat antara desa dan kopi, yang menjadi komoditas penting sekaligus simbol kekuatan desa di kawasan timur Indonesia," ucapnya.
Lebih dari sekadar simbolis, ujar Khawarid, subtema kopi diperkuat dengan pelaksanaan workshop mengenai kopi Latte Art sebagai seni menghias di atas secangkir espresso dengan bahan dasar minuman cappucino dan cafe latte dengan hasil l desain motif hati, bunga tulip, rosetta, dan inovasi lainnya.
"Acara ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk masyarakat destinasi wisata dalam mengolah potensi lokal menjadi produk bernilai jual," ujar Khawarid.
Di dalam kegiatan ini, tutur dia, para peserta akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan di platform PaDi UMKM Marketplace dan program Go Online, yang difasilitasi oleh Rumah BUMN PLN Ende, Rumah BUMN PLN Bajawa, dan Rumah BUMN Labuan Bajo.
Editor : Ude D Gunadi
Artikel Terkait