"Bazar UMKM Pesona Indonesia Timur dikemas sebagai kegiatan inovatif dan kreatif yang berfokus pada pengembangan produk UMKM destinasi wisata. Bazar ini menghadirkan karya terkini para pelaku UMKM dengan khalayak sasaran utama para wisatawan domestik dan mancanegara untuk dapat memanfaatkan dan merasakan kebanggaan dengan ragam produk khas Indonesia timur," kata Alois Wisnu Hardana.
Alois menyatakan, sebagai ajang unjuk kreativitas masyarakat destinasi wisata dalam mengolah sumber daya lokal menjadi produk bernilai jual. Bazar UMKM Pesona Timur Indonesia yang berlangsung 4 hari di Gedung Sarinah Jakarta menampilkan ragam kegiatan pendukung pameran.
Seperti, Demo Produk oleh UMKM Binaan BUMN, Workshop tentang “Rug Tufting”, penampilan musik Sasando, Band Melodius dan Adellia Michelle, peragaan busana oleh Komunitas Etnik Nusantara dan penampilan bintang tamu Yura Yunita.
"Secara khusus Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) mengadakan rangkaian kegiatan atraktif inovatif dengan Workshop “Latte Art”, Talkshow & Coaching "Coffee Culture Around the World" dan Manual Brew Competition," ujarnya.
Menurut Alois, rangkaian kegiatan berfokus edukasi mengenai industri kopi dari komoditi biji kopi dan olahan lokal yang disesuaikan dengan perkembangan pasar hingga menjadikan kopi tidak hanya kebutuhan beverages, melainkan juga gaya hidup yang juga menampilkan mentor Ryan Wibawa dari World Brewers Cup 3rd 2024.
Editor : Ude D Gunadi
Artikel Terkait