Ajak Mahasiswa Makmurkan Masjid, UPI Selesaikan Berbagai Kegiatan Ramadan

Abbas Ibnu Assarani
UPI telah selesai menggelar berbagai rangkaian acara selama Ramadan 2022 yang digelar secara daring, luring, dN hybrid. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) telah selesai menggelar berbagai rangkaian acara selama Ramadan 2022 yang digelar secara daring, luring, dN hybrid. Kegiatan ini diharapkan meningkatkan ketaqwaan mahasiswa. 

Rektor UPI M Solehuddin menjelaskan kegiatan Ramadhan 1443 H/2022 M diselenggarakan dalam rangka memakmurkan Masjid Al-Furqon Universitas Pendidikan Indonesia. Juga upaya menyemarakkan syiar Islam khususnya di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia. 

"Ini juga sebagai upaya meningkatkan silaturahmi sesama umat Islam dalam rangka memperkokoh ukhuwah, menggali nilai-nilai ibadah shaum sebagai upaya peningkatan kadar kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Juga menumbuh-suburkan nilai-nilai keagamaan di kalangan keluarga besar UPI sebagai pengejawantahan dari motto kampus yang Ilmiah, Edukatif dan Religius, " katanya, Minggu (1/5/2022).

Rangkaian kegiatan Ramadhan 1443 H Universitas Pendidikan Indonesia yaitu tarhib ramadhan, shalat/ceramah tarawih/ nuzulul qur’an. Selama bulan ramdhan dengan memperhatikan protokol kesehatan dan perkembangan kondisi pandemi serta peringatan nuzulul qur’an. 

Kegiatan pesantren ramadhan bagi pelajar dan mahasiswa terdiri dari lomba mtq (musabaqah tilawatil qur'an), musik islami, serta ceramah serta diikuti para siswa/siswi smp-sma lab school upi dan mahasiswa asrama UPI. 

Lomba tilawah, tahfizh, kaligrafi, kultum diikuti mahasiswa UPI serta lomba desain batik dibuka secara umum untuk seluruh mahasiswa di Indonesia. Kegiatan pentas seni islami/budaya islam nasyid, shalawat, bazar yang diikuti dosen/pegawai/mahasiswa UPI serta dilakukan seleksi dan penyisihan lomba secara daring, final di lakukan secara luring bersamaan dengan kegiatan Bazar.

Pada pelatihan dakwah dengan rangkaian webinar dan pemilihan da'i yang diikuti peserta mahasiswa/siswa/umum dilakukan secara blended. kajian wanita dalam bentuk webinar dan talkshow & kursus baca qur’an. kegiatan webinar membahas tema memahami fiqih wanita untuk menjadi muslimah unggul yang disampaikan Ustadzah Hj. Ninih Muth’mainnah. Sedangkan Talkshow membahas tema Memaknai Perempuan Berkarir dalam Perspektif Islam dengan pemateri: Prof. Ida Hamidah, M.Si dan influencer millennial Sheryl Annavita.

Juga kegiatan bakti sosial selama ramadhan, serta pendistribusian bantuan. kegiatan pengelolaan dan pendistribusian zakat, infaq, dan shodaqoh. Kegiatan UPI mengaji, i’tikaf serta qiyamul lail /tahajud, muhasabah dan sahur berjamaah. kegiatan diakhiri dengan pelaksanaan takbir, shalat idul fitri dan silaturahim pelaksanaan shalat idul fitri dan Silaturahmi UPI. (*)

Editor : Abdul Basir

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network