Calon Jemaah Haji Asal Kota Bandung Kloter 21 Berangkat ke Tanah Suci 17 Juni 2022

Abbas Ibnu Assarani
Pembekalan dan manasik haji calon jemaah haji asal Kota Bandung di Pusdai Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (2/6/2022).

BANDUNG, iNews.id - Sebanyak 1.116 calon jemaah haji asal Kota Bandung akan diberangkatkan ke tanah suci pada 17-30 Juni 2022.Pemberangkatan akan dilaksanakan secara berangsur yang dibagi kedalam 4 sesi sesuai kloter masing-masing.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kota Bandung, Boy Hari Novian mengatakan untuk kloter 21 akan berangkat pada 17 Juni. Sedangkan Kloter 27 diberangkatkan pada 22 Juni. Sementara itu, kloter 33 berangkat tanggal 26 Juni. Kemudian kloter 42 berangkat pada 30 Juni.

"Untuk persiapan jemaah haji Kota Bandung, semua kloter telah mempersiapkan paspor, surat kesehatan, sertifikat vaksin, dan semua syarat yang diminta pihak Arab Saudi," katanya, usai pembekalan dan manasik haji secara berkala di Pusdai, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (2/6/2022).

Terkait teknis pemberangkatan calon, katanya semua kloter utuh akan berangkat dari Polda Jabar. Sedangkan untuk kloter gabungan, titik berangkatnya di kantor Kemenag Kota Bandung Jalan Soekarno Hatta.

Dia menambahkan, Para jemaah haji yang berangkat pada tahun ini merupakan peserta yang telah mendaftar sejak 2011 dan melakukan pelunasan pada 2020.

"Jika ada yang baru mendaftar tahun ini, maka kemungkinannya baru bisa berangkatnya 23 tahun kemudian," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandung, Tedi Ahmad Junaedi menjelaskan, jika kuota haji tahun ini untuk Kota Bandung mengalami penurunan dari tahun-tahun sebelumnya.

Untuk saat ini, katanya, pihaknya hanya bisa memberangkatkan sekitar 45 persen jamaah. Hal itu seiring adanya pembatasan jumlah jamaah haji di masa pandemi Covid-19 dari pihak Saudi Arabia 

"Sebelum pandemi, kuota jemaah haji Kota Bandung itu mencapai 2.427 tiap tahun. Sekarang ya hanya 45 persennya, yaitu 1.116 jemaah di tahun 2022," ucapnya. (*)

Editor : Abdul Basir

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network