get app
inews
Aa Read Next : Manjakan Wisatawan, Lembang Park and Zoo Hadirkan Masjid Kapasitas 500 Jamaah

Antisipasi Penularan, Koleksi Hewan di Objek Wisata Lembang Park and Zoo Divaksin PMK

Senin, 27 Juni 2022 | 19:12 WIB
header img
Domba merino menjadi salah satu koleksi hewan di objek wisata Lembang Park and Zoo, Kabupaten Bandung Barat, yang disuntik vaksin PMK sebagai antisipasi penyebaran penyakit ini, Senin (27/6/2022).

BANDUNG BARAT, iNews.id - Koleksi hewan khususnya yang berkuku genap dan rentan terhadap serangan penyakit mulut dan kuku (PMK) di objek wisata Lembang Park and Zoo (LPZ) disuntik vaksin PMK

Berdasarkan data pihak pengelola tercatat ada sebanyak 29 hewan yang jadi target sasaran vaksinasi PMK. Untuk tahap awal ini baru delapan ekor domba dan satu kambing yang sudah divaksin. 

"Vaksinasi ini sebagai antisipasi penyebaran wabah PMK yang sedang marak. Meski tidak menular ke manusia, upaya ini juga (vaksinasi) untuk memberikan rasa aman ke pengunjung," kata Dokter Hewan Lembang Park and Zoo, Lucky Aldin Marzuki di sela-sela vaksinasi, Senin (27/6/2022).

Menurutnya, yang baru disasar vaksinasi kali ini adalah jenis kambing dan domba merino. Sementara kedepannya yang akan jadi target sasaran adalah koleksi hewan rusa totol, rusa timur, kijang muncak, serta gajah. 

Mereka adalah jenis satwa yang memiliki karakteristik yang sama dengan sapi dan kambing. Serta memiliki kerentanan terhadap tertularnya wabah PMK. Sehingga pihaknya bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) melakukan vaksinasi. 

"Nanti akan dilihat pasca vaksinasi ini ada efek sampingnya atau tidak. Sementara untuk vaksinasi ke rusa, kijang, serta gajah, akan dilakukan tahap berikutnya," terang dia. 

Sedangkan untuk vaksinasi terhadap gajah di objek wisata Lembang Park Zoo, lanjut dia, saat ini sedang menunggu keputusan dari forum dokter hewan terlebih dahulu terkait pelaksanaanya. Apakah pemberian vaksin ini lebih banyak manfaatnya atau kerugian negatifnya. 

"Kita tunggu dulu keputusan dari forum dokter hewan, seperti apa, kalau banyak manfaatnya kita lakukan. Tapi sejauh ini semua satwa yang jadi koleksi di Lembang Park and Zoo masih tetap sehat," pungkasnya. (*)

 

Editor : Abdul Basir

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut