Hati-hati, Inilah Jenis Ikan Laut yang Mengandung Kolesterol Tinggi

Rizal Fadillah
.
Selasa, 09 Agustus 2022 | 20:00 WIB
Ikan Sarden. (Foto: net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Tahukah kamu jika terdapat beberapa jenis ikan laut yang memiliki kadar kolesterol tinggi?

Meski semua ikan laut mengandung kolesterol, namun jenis ikan laut tertentu memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi lho.

Kadar kolesterol yang tinggi pada seseorang bisa diakibatkan berbagai faktor. Salah satunya adalah asupan makanan sehari-harinya.

Terkadang, sebagian orang mungkin bertanya-tanya apakah jenis ikan laut mengandung kolesterol tinggi yang berbahaya bagi tubuh.

Menurut laman Heathline, hampir semua jenis ikan mengandung kolesterol. Namun, tentu saja semua jenis ikan ini memiliki kandungan yang berbeda-beda.

Bahkan, meski terdapat kolesterol, masih ada banyak kandungan lain yang bermanfaat bagi tubuh.

Berikut beberapa jenis ikan air laut yang memiliki kandungan kolesterol tinggi.

1. Ikan Kod

Ikan kod cukup banyak ditemui di Samudra Pasifik dan Atlantik Utara. Dengan berat sekitar 1,5 hingga 100 pon, jenis ikan ini sering dihidangkan menjadi berbagai macam makanan yang lezat.

Dikutip dari Healthline, ikan kod yang dimasak dengan panas hingga kering mengandung 99 mg kolesterol dan 0,3 gr lemak jenuh. Namun, selain itu Ikan kod sendiri memiliki sumber magnesium yang baik dan bisa membantu produksi energi serta ketahanan struktur tulang.

2. Ikan Sarden

Ikan Sarden merupakan salah satu jenis ikan berminyak. Sebagian orang sering menganggapnya sama dengan ikan makarel, namun anggapan tersebut ternyata kurang tepat.

Keduanya adalah jenis ikan yang berbeda, hanya saja pengemasannya sama-sama dikalengkan. Dikutip dari laman Live Strong, satu kaleng sarden mengandung sekitar 130,6 miligram kolesterol.

Namun, tidak perlu khawatir. Meski kandungan kolesterolnya cukup tinggi, ikan sarden memiliki kandungan lain yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah kandungan asam lemak omega-3 yang bisa menyehatkan organ jantung, serta menurunkan tekanan darah dan kadar trigliserida.

3. Makarel

Sama halnya dengan ikan sarden, makarel merupakan sejenis ikan berlemak yang mengandung kolesterol cukup tinggi.

Dikutip dari laman Live Strong, pada fillet makarel atlantik dengan berat 6 ons, terdapat kandungan kolesterol sekitar 127,5 mg. Akan tetapi, jenis ikan ini juga memiliki kandungan omega-3 tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Editor : Rizal Fadillah
Bagikan Artikel Ini