get app
inews
Aa Read Next : Ketua Kadin KBB Terpilih Ingin Gaspol, Tarik Investor Kembangkan Potensi dari Multi Sektor

Tagih Janji Politik Hengky Kurniawan, Buruh Geruduk Kantor Pemda KBB

Rabu, 24 Agustus 2022 | 15:30 WIB
header img
Buruh melalukan aksi unjuk rasa di kompleks Pemda KBB, meminta Plt Bupati Hengky Kurniawan merealisasikan janji politiknya. (Foto: iNews.id/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, INEWSBANDUNGRAYA - Ratusan buruh yang tergabung dalam berbagai serikat pekerja di Kabupaten Bandung Barat (KBB) menggelar aksi unjuk rasa di kantor Pemda KBB di Ngamprah, Rabu (24/8/2022).

Iring-iringan rombongan buruh tiba di kawasan kompleks Pemda KBB sekitar pukul 11:00 WIB. Dalam aksinya, mereka menagih janji politik Hengky Kurniawan terhadap buruh untuk segera direalisasikan.

"Tuntutan kami adalah bertemu Plt Bupati Hengky Kurniawan dan memintanya untuk merealisasikan janji politiknya. Seperti membangun perumahan murah khusus buruh atau pekerja di KBB," kata Ketua Koalisi Buruh KBB, Dede Rahmat.

Hingga saat ini, kata Dede, janji politik tersebut belum juga direalisasikan. Padahal, masa bakti kepala daerahnya hanya menyisakan sekitar satu tahun lagi.

Sementara dalam berbagai kesempatan dan pertemuan dengam buruh, Hengky Kurniawan selalu mengatakan siap menyediakan perumahan murah untuk buruh.

"Kalau ketemu buruh Pak Hengky selalu bilang akan membangun perumahan murah buat buruh, tapi sampai sekarang kami belum pernah melihat dimana lokasinya," katanya.

Selain itu, tuntutan buruh juga soal kesejahteraan dengan janji pembentukan LKS Tripartir dan Dewan Pengupahan KBB. Pembentukan lembaga komunikasi antara buruh, pengusaha dengan pemerintah itu hingga saat ini belum terlaksana.

Padahal seharusnya lembaga tersebut sudah mulai mempersiapkan pembahasan mengenai Upah Minimum Kabupaten (UMK) tahun 2023. Dinas Tenaga Kerja pun belum melakukan rapat LKS Tripartir maupun Dewan Pengupahan, yang terkahir dilakukan di bulan Februari.

Buruh meminta di sisa akhir jabatannya Hengky Kurniawan dapat merealisasikan janji politik yang dibuat semasa kampanye pada Pilkada 2018. Buruh juga ingin menemui Hengki langsung untuk menyampaikan aspirasi dan tidak mau jika hanya diwakilkan.

"Kami minta bertemu Plt Bupati Hengky. Waktu Jumat kemarin dia meminta aksi dibatalkan dan siap menemui buruh hari Senin (kemarin). Tapi sampai saat ini jangankan bertemu, komunikasipun tidak ada," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut