get app
inews
Aa Read Next : Terekam CCTV, Pelaku dan Korban Pembunuhan Wanita Dalam Koper Masuk Hotel di Bandung

Jokowi Bakal Hadir, Paspampres Tinjau Lokasi Musra di Sport Center Arcamanik Bandung

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 05:07 WIB
header img
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menghadiri musyawarah rakyat (Musra) di Gedung Youth Center, Sport Center Arcamanik, Kota Bandung, pada Ahad (28/8/2022) besok.

Ketua Panitia Nasional Musra Indonesia, Panel Barus mengatakan, pihaknya telah melakukan audiensi dengan jajaran Polda Jabar terkait kedatangan Presiden Jokowi pada acara tersebut.

"Insya Allah 80 persen (hadir), paspampres sudah cek (lokasi)," ucap Panel di Mapolda Jawa Barat, Jumat (26/8/2022). 

Selain bertemu dengan Polda Jabar, pihak panitia juga direncanakan akan bertemu Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. Meski diinisiasi oleh relawan, namun kegiatan nanti murni akan dihadiri oleh rakyat dari berbagai sektor. 

"Di Jabar rencana 10 ribu orang terlibat dalam musyawarah melibatkan unsur masyarakat, buruh, nelayan, pedagang pasar dan lainnya," ungkapnya. 

Panel menjelaskan, kegiatan musra dibagi tiga sesi dengan tiap sesi berdurasi 40 menit membahas agenda kebangsaan, program prioritas harapan masyarakat, karakteristik pemimpin serta capres dan cawapres dambaan masyarakat Indonesia.

Ia menambahkan, tiap sesi akan terdapat panelis yang mengarahkan jalannya acara dan akan dilakukan e-voting bagi masyarakat yang ingin memberikan saran langsung. 

"Musra ini satu inovasi politik baru, kenapa inovasi baru karena belum ada model ini. Tujuan musra menyediakan ruang bagi rakyat untuk terlibat dalam mempercakapkan pikiran dan argumentasi tentang nasib bangsa ke depan," jelasnya. 

Panel mengungkapkan, pihaknya memilih Kota Bandung sebagai pelaksanaan musra pertama karena salah satu provinsi kunci dalam perhelatan pemilu. Dengan jumlah penduduk yang besar dan daftar pemilih tetap (DPT) yang banyak serta jumlah swing voters banyak.

Selain itu, kegiatan musra pertama kali akan dilaksanakan di Kota Bandung, Jawa Barat dan secara bertahap akan dilaksanakan di 34 provinsi. Kegiatan musra akan diselenggarakan hingga tahun 2023. 

"Outputnya bahwa musra alat rekam yang jujur atas kehendak rakyat," imbuhnya. 

Dikatakan Panel, hasil musra di seluruh provinsi di Indonesia akan dilaporkan ke Presiden Jokowi. Selanjutnya para relawan akan memutuskan dukungan politik terhadap calon presiden di Pilpres 2024. 

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut