get app
inews
Aa Read Next : Jabar Sabet Juara Umum Kejurnas Arung Jeram 2024, Dian Rahadian: Sebuah Kebanggaan

Alerta, 128 Ribu Warga Jabar Diprediksi Idap TBC

Rabu, 09 November 2022 | 17:02 WIB
header img
Pertemuan lintas sektor tingkat kabupaten/kota di Jawa Barat membahas penanganan TBC dan penurunan stunting. Foto: Inews Bandung Raya

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Indonesia adalah negara terbanyak kedua dalam jumlah penderita tuberkulosis (TBC). Khusus Indonesia, Jawa Barat (Jabar) menjadi daerah penyumbang terbesar dengan prediksi terdapat 128 ribu warga yang mengidap penyakit TBC.

Hal itu terungkap saat pertemuan lintas sektor tingkat kabupaten/kota yang membahas penekanan penyebaran TBC dan mencegah penambahan stunting, di Bandung, Rabu (9/11/2022).

"Yang ditemukan baru 103 ribu," ujar Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat (Dinkes Jabar), Nina Susana Dewi.

Menurut Nina, kesadaran masyarakat akan ancaman TBC masih dirasa kurang. Akibatnya, jumlah penderita penyakit tersebut terus bertambah bahkan tak kunjung sembuh.

Nina menyebut, ada berbagai hal yang menyebabkan angka pengidap TBC begitu tinggi. Salah satunya lantaran pengobatannya cukup lama, setidaknya butuh waktu enam bulan.

Waktu yang lama itu tak sedikit membuat pasien menghentikan pengobatan kendati baru berjalan beberapa bulan bahkan pekan saja.

"Orang tak tahan terus menerus berobat setiap hari," jelas Nina.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut