get app
inews
Aa Read Next : Hasil 16 Besar Euro 2024: Jerman Full Senyum, Italia Tak Lolos

Hanya Jualan Cokelat, Pria Ini Bisa Jadi Tajir Melintir Sampai Rp560 Triliun

Selasa, 15 November 2022 | 13:32 WIB
header img
Cokelat menjadi jualannya orang terkaya di Italia, Giovanni Ferrero. Foto Ilustrasi/Freepik

ITALIA, INEWSBANDUNGRAYA - Siapa yang tidak ingin menjadi orang yang tajir melintir di dunia ini. Terlebih kekayaan yang didapat hanya dari jualan cokelat.

Kisah ini benar terjadi di dunia, tepatnya di Italia. Negara yang terkenal dengan makanan Pizza tersebut terdapat satu sosok yang menjadi orang terkaya di sana hanya dari jualan cokelat.

Sosok ini adalah Giovanni Ferrero. Namanya kini masuk dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes pada 2022

Kekayaan bersih Giovanni Ferrero tercatat sebesar US$36.2 miliar atau sekitar Rp560 triliun (kurs Rp15.496/US$). Dengan kekayaannya ini, Giovanni tercatat juga sebagai orang paling kaya di Italia.

Selain itu, dia juga menjadi orang terkaya kedua di dunia dari industri Makanan dan Minuman (F&B). Giovanni adalah sosok di balik produk cokelat terpopuler di dunia, yaitu Nutella, Ferrero Rocher, Kinder, TicTac, serta Butterfinger.

Karier pria berusia 58 ini sebagai CEO Ferrero Group dimulai pada 2011. Saat itu saudaranya Pietro Ferrero meninggal dunia akibat serangan jantung.

Titel jabatan Giovanni di Ferrero Group semakin bertambah setelah kepergian sang ayah, Michele Ferrero pada 2015. Dua titel itu di antaranya CEO dan Executive Chairman.

Di tahun yang sama, perusahaan cokelat asal Inggris, Thornton diakuisisi olehnya. Kocek yang harus dikeluarkan sebesar US$170 juta atau sekitar Rp2,6 Triliun.

Laki-laki berkebangsaan ini lantas melepaskan titel CEO-nya pada 2018. Hal itu dilakukan agar dirinya fokus pada posisi Executive Chairman.

Kemudian, Giovanni membeli unit bisnis permen Nestle, Babyruth dan Butterfinger sebesar US$2,8 miliar atau Rp43 triliun.

Di balik kesuksesannya ini, Giovanni masih sempat-sempatnya menulis. Pria dua anak ini bahkan sudah menerbitkan delapan buku.

Namun, Giovanni diketahui merupakan sosok yang sangat menutup rapat kehidupan pribadinya dari publik.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut