get app
inews
Aa Read Next : Dedi Mulyadi Libatkan Orang Tua Siswa Dalam Pengolahan Makan Siang Gratis, Warganet: Gak Konsisten

Please Jangan Jadi Orang Tua Narsistik, Ojo Dibandingke Anak Sendiri Sama Tetangga

Selasa, 29 November 2022 | 17:56 WIB
header img
Ilustrasi anak. Hindari membandingkan anak. (Foto: net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Menjadi sosok orang tua yang memiliki buah hati memanglah tidak mudah. Terlebih ketika sang buah hati ternyata tidak sepintar atau seberbakat anak lainnya.

Sangat keliru jika sebagai orang tua lantas kekurangannya anak tersebut dibandingkan dengan anak lain, khususnya tetangga. Sebab, sang anak bakal mengalami kesulitan dalam hal pembentukan jati diri.

Lebih parah lagi, jika orang tua kerap membandingkan buah hatinya akan menghambat kesuksesan mereka. Selain itu, anak juga nantinya akan terganggu kesehatan mentalnya.

Perlu diketahui, kebiasaan membandingkan anak adalah salah satu tanda dalam gaya parenting yaitu narsistik. Perkembangan psikoligis anak akan terganggu dengan pola bapak ibu yang seperti ini.

Jangan sampai anak dari orang tua narsis belajar dan meniru manipulasi serta rasa bersalah. Mereka melakukan itu sebagai strategi untuk mendapatkan yang dia inginkan.

Dikatakan psikolog Schrag Hershberg, anak akan merasa rendah diri ketika orang tuanya membandikan sang anak dengan orang lain. Parahnya anak akan merasa dirinya sangat buruk.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut