get app
inews
Aa Read Next : Pengunjung Masjid Al Jabbar Kini Gratis Biaya Parkir

Miliki Beragam Kemegahan, DMI Ingin Masjid Terapung Al-Jabbar Jadi Ikon Internasional

Selasa, 20 Desember 2022 | 14:48 WIB
header img
Diskusi Gaspol PWI Gedung Sate 'Mahakarya Masjid Al-Jabbar Karya Religi dan Wisata Halal' di Kota Bandung. Foto: Inews Bandung Raya

"Di samping ibadah, nantinya harus ada fungsi dakwah dan fungsi pendidikan. Masjid Al-Jabbar harus jadi percontohan," pesan Edi.

Sementara itu, Sekretaris Dinas (Sekdis) Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jabar, Iwan Suwanagiri mengatakan, Masjid Al-Jabbar memiliki luas sekitar 25 hektare. Pembebasan tanah untuk pembangunan masjid dilakukan sejak 2015 dan pada 2022 masih ada yang harus dibebaskan.

Menurut Iwan, proyek masjid prestisius yang menelan biaya Rp1 triliun lebih ini dibagi dalam 4 tahap. Tahap I dari 2017 - 2018, Tahap II 2019, Tahap III pembangunan pada 2020, sisanya dilakukan pada tahap IV.

"Total kapasitas Masjid Al-Jabbar ini bisa menampung 33 ribu orang. Itu sudah dari semua fasilitas yang tersedia nantinya," kata Iwan.

Iwan menjelaskan, fasilitas yang tersedia di Masjid Al-Jabbar di antaranya plaza, selasar, ruang salat mezaninen, dan ruang salat utama. Bahkan ada beberapa fasilitas di masjid ini yang dapat digunakan oleh masyarakat umum.

Paling mencuri perhatian adalah adanya museum nabi. Kemudian masyarakat juga dapat menikmati taman yang bisa jadikan lokasi wisata religi.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut