get app
inews
Aa Read Next : Terima Penghargaan dari Mendagri, Yudia Ramli Harap Jadi Motivasi Pemkab Sumedang

Cegah Petaka Itaewon Terulang, Masyarakat Diimbau Tidak Berkerumun Saat Momen Tahun Baru 2023

Rabu, 28 Desember 2022 | 20:11 WIB
header img
Ilustrasi perayaan Tahun Baru 2023. (Foto: Ilustrasi/Pixabay)

JAKARTA, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Masyarakat diimbau untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban saat momen Tahun Baru 2023. Keramaian yang terjadi nanti pada malam pergantian tahun diharapkan tidak menjadi pertaka seperti di Itaewon, Korea Selatan (Korsel).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengatakan, kegiatan masyarakat di malam Tahun Baru 2023 harus diatur, terutama di tempat-tempat yang menciptakan kerumunan.

"Hal ini untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan, seperti peristiwa yang terjadi saat perayaan Halloween di Itaewon, Korea Selatan yang memakan banyak korban," kata Tito, Rabu (28/12/2022).

Pihak-pihak terkait, kata Tito, perlu melakukan indentifikasi dan inventarisasi daerah rawan itu, sehingga kerumunan dapat terkendali. Tito memperkirakan euforia yang dua tahun terakhir terhalang pandemi bisa diluapkan masyarakat pada tahun ini.

"Kita sudah lama tidak kumpul-kumpul, terutama yang anak-anak muda. Jadi jangan sampai terjadi, Jakarta misalnya, Ancol itu akan ada ratusan ribu, kami yakin daerah-daerah juga ada pengumpulan masyarakat," pesan mantan Kapolri ini.

"Nah ini perlu diidentifikasi, kemudian dilakukan langkah-langkah mitigasi, diatur, termasuk mekanisme jalannya," sambungnya.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut