get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Cimahi Jamin Kebutuhan Pokok Aman Selama Ramadhan 2023

Ramadhan 2023: Bolehkah Berbuka Puasa Lewat Adzan Maghrib di Televisi?

Rabu, 04 Januari 2023 | 19:58 WIB
header img
Ilustrasi berbuka puasa lewat adzan maghrib di televisi. Foto: Istimewa

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Bulan puasa Ramadhan 2023 tak terasa tinggal hitungan bulan. Umat muslim pasti banyak yang lupa-lupa ingat tentang berbagai hukum saat bulan puasa tiba.

Salah satu yang bisa jadi pertanyaan pada bulan puasa Ramadhan 2023 adalah hukum berbuka puasa melalui adzan maghrib di televisi. Apakah sah atau tidak apabila berlandaskan pada adzan di televisi.

Dirangkum dari berbagai sumber, Ustadz Alhafiz Kurniawan menerangkan, puasa merupakan ibadah yang menuntut seseorang menahan diri dari makanan, minuman, serta hubungan seksual sejak terbit fajar sampai matahari tenggelam atau ghurub.

Orang yang menjalankan ibadah puasa ramadhan perlu memastikan tenggelamnya matahari atau ghurub sebagai waktu berbuka puasa. Maka dari itu, ia perlu berhati-hati untuk menyantap hidangan takjil sebelum ada informasi jelas maupun pasti perihal matahari tenggelam atau ghurub.

قوله (والاحتياط أن لا يأكل آخر النهار إلا بيقين) كأن يعاين الغروب ليأمن الغلط (ويحل) الأكل آخره (بالاجتهاد) بورد أو غيره (في الأصح) كوقت الصلاة، والثاني: لا، لإمكان الصبر إلى اليقين.

Artinya: "Seseorang tidak memakan sesuatu di ujung siang Ramadan sebagai bentuk ihtiyath atau kehati-hatian kecuali berdasarkan keyakinan) yaitu menyaksikan matahari tenggelam agar terjamin dari kekeliruan. (Seseorang boleh) memakan sesuatu di ujung siang Ramadhan (berdasarkan ijtihad) yaitu wirid atau lainnya (menurut pendapat yang lebih shahih) seperti waktu shalat. Sedangkan pendapat kedua mengatakan tidak boleh memakan takjil karena masih memungkinkan kesabaran sampai benar-benar yakin masuk waktu maghrib." (Lihat M Khatib As-Syarbini, Mughnil Muhtaj, [Beirut, Darul Makrifah: 1997 M/1418 H], cetakan pertama, juz I, halaman 631)

Dari keterangan itu didapat keterangan bahwa orang yang beribadah puasa perlu berupaya guna mencari informasi perihal kedatangan waktu maghrib. Artinya, dia tidak boleh menduga-duga atas kedatangan waktu maghrib yang kaitannya dengan waktu berbuka puasa.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut