get app
inews
Aa Read Next : Ridwan Kamil-Suswono Resmi Diusung KIM Plus di Pilkada Jakarta 2024

Nasib Tragis Masjid Al Jabbar Kertajati, Dulu Dibanggakan RK

Kamis, 05 Januari 2023 | 12:05 WIB
header img
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat meresmikan Masjid Al Jabbar, Kertajati, Majalengka. Foto: Humas Pemprov Jabar

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Masyarakat harus sadar nama Masjid Al Jabbar bukan satu-satunya yang berada di Gedebage, Kota Bandung. Jauh sebelum diresmikan pada Jumat 30 Desember 2022 lalu, nama Masjid Al Jabbar sudah ada di Kertajati, Majalengka.

Nama Al Jabbar kembali digunakan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sebagai masjid raya provinsi. Perjalanan panjang dan penuh rintangan mewarnai pembangunan Masjid Al Jabbar yang terapung itu di Kota Bandung.

Ridwan Kamil mengaku pembangunan Masjid Al Jabbar di Bandung merupakan proyek tersulit yang pernah digarap dirinya sebagai seorang arsitek.

Menurut Emil, sapaan akrabnya, realita masjid yang berdiri di lahan sekitar 25 hektare itu jauh melebihi imajinasinya. Dibanding sketsa yang dibuatnya, kondisi riil Masjid Al Jabbar jauh lebih keren.

"Saya juga suka merinding masuk sini karena melihat kemegahan seperti ini. Jadi ini terkompleks, tersulit, terbesar yang Allah takdirkan di saat saya masih hidup dan menjadi pemimpin," kata Emil, Senin 26 Desember 2022.

Usut punya usut, pembangunan masjid yang digagas sejak 2016 menelan biaya hampir Rp1,2 triliun. Walaupun sempat terhenti karena pandemi Covid-19, pembangunan tahap I Masjid Al Jabbar sudah menelan anggaran Rp511 miliar.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut