get app
inews
Aa Read Next : Gempa Kabupaten Bandung, BPBD Sumedang Pastikan Wilayahnya Tidak Terdampak

Jelang Tahun Baru Imlek, Pelaku Budidaya Ikan Kancra di Sumedang Kebanjiran Orderan

Jum'at, 13 Januari 2023 | 15:04 WIB
header img
Ikan kancra yang juga sering disebut ikan dewa. (Foto: kuninganrepost)

Salah seorang pembudidaya ikan kancra, Dedin Khoerudin mengaku, setiap tahunnya selalu ada peningkatan permintaan ikan kancra. Pembeli yang umumnya keturunan Cina ini memang menjadikan ikan kancra sebagai hidangan saat perayaan hari imlek.

"Memang suka ada peningkatan permintaan tetapi tidak terlalu banyak, mengingat saat ini banyak juga orang yang membudidayakan ikan kancra khususnya di luar Sumedang," kata Dedin, Jumat (13/1/2023).

Menurut Dedin, pembeli ikan kancra yang datang ke Cimalaka umumnya adalah pembeli asal Bandung yang memang sudah biasa membeli ikan kancra dari dirinya. Sebagai hidangan saat perayaan imlek, harga ikan kancra memang cukup fantatis dimana 1 kg ikan kancra dihargai Rp1 juta.

"Untuk stok sendiri saat ini saya hampir memiliki 5 kwintal termasuk indukan, jadi tidak perlu khawatir bila memang ada permintaan yang cukup banyak, namun demikian pengalaman tahun lalu permintaan paling hanya sampai 20 kg saja," jelasnya.

Dikatakan Dedin, pembeli ikan kancra untuk konsumsi khususnya perayaan imlek akan datang langsung sehari sebelum hari H agar ikan masih segar.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut