get app
inews
Aa Read Next : Di Forum PBB, Ridwan Kamil Perkenalkan Toponimi dalam Manajemen Gempa Cianjur

Kawal Warga Terdampak Gempa Cianjur, JQR Bangun Huntara Unik Tahan Gempa

Rabu, 18 Januari 2023 | 11:40 WIB
header img
Huntara yang dibangun JQR di Cianjur. Foto: Istimewa

CIANJUR, INEWSBANDUNGRAYA.ID - 20 unit hunian sementara (huntara) berhasil dibangun Jabar Quick Responsen (JQR) untuk warga terdampak gempa Cianjur. Berbeda dari yang lain, huntara versi JQR memiliki bentuk segitiga yang elegan dan simpel.

Namun jangan salah, huntara unik yang dibangun JQR ini memiliki desain yang tahan gempa. Bahkan bahan dan tiang bangunan yang terbuat dari baja ringan bisa dibongkar pasang.

Koordinator Unit Disaster JQR, Syehabudin menjelaskan, pembangunan huntara ini merupakan salah satu dari 8 program JQR untuk fase percepatan pemulihan rehabilitas dan rekonstruksi yang diberi nama 'Berteduh'.

Untuk tahap awal, JQR telah membangun 20 unit rumah atau hunian sementara di Kampung Surupan, Desa Sukawangi, Kecamatan Warungkondang, Kecamatan Cianjur.

"Sampai hari ini, JQR telah membangun hunian sementara percontohan di Kampung Surupan sebanyak 20 unit, ada dua tipe, yakni tipe 1 yang bisa di huni untuk 1 KK dan tipe 2 bisa dihuni untuk 2 KK," ungkap dia dalam keterangannya, Rabu (18/1/2023). 

Dari bentuk yang unik, kata Syehabudin, rumah huntara ini, JQR sebelumnya telah melakukan diskusi dengan pakar kegempaan mulai dari arsitekturnya dan pakar kebencanaan.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut