get app
inews
Aa Read Next : Jalan Simpang Gedebage Selatan Menuju Masjid Raya Al-Jabbar Resmi Difungsikan

Kreatif, Warga Bandung Sulap Selokan Jadi Tempat Budidaya Ikan

Senin, 13 Februari 2023 | 19:15 WIB
header img
Selokan di Desa tanggalun, Kabupaten Bandung, jadi tempat budidaya ikan. Foto: Istimewa

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Citra selokan di Desa Tanggulun, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, beda dari biasanya. Pasalnya, selokan yang biasa dicitrakan negatif disulap jadi wisata konservasi yang inovatif.

Bupati Bandung, Dadang Supriatna mengatakan, Desa Tanggulun masuk ke dalam Program Kampung Bedas (Bebenah Desa Sejahtera) dengan nama Kampung Bedas Pelita Atlas (Peduli Lingkungan Tanggulun Akhlak Terpuji Lestarikan Alam Sekitar).

"Di dalam (selokan) ada ikan mas, ikan hias maupun ikan nila yang dapat dikonsumsi warga, tentunya juga bermanfaat sebagai upaya menjaga ketahanan pangan masyarakat," kata Dadang seperti dimuat Instagram pribadinya @dadangsupriatna, Senin (13/2/2023).

Menurut Dadang, pakan ikan yang mereka budidaya di selokan berasal dari warga. Ikan diberi makan berupa maggot hasil pengolahan sampah.

Tahun lalu, kata Dadang, Dusun 1 Desa Tanggulun yang meliputi RW 06 mendapat penghargaan Proklim (Program Kampung Iklim) kategori Madya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sebagai lokasi tingkat tapak yang dinilai telah melakukan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut