get app
inews
Aa Read Next : Pemprov Jabar Buka 899 Lowongan CPNS 2024, Ini Formasi yang Paling Banyak Dibutuhkan

Pemprov Jabar Terus Berjuang Demi Penobatan Pahlawan Nasional untuk Inggit Garnasih

Sabtu, 18 Februari 2023 | 21:11 WIB
header img
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat menghadiri Seminar Nasional Pengusulan Calon Pahlawan Nasional Inggit Garnasih di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung. (Foto: Humas Jabar)

Sementara itu, Ketua TP2GD Provinsi Jabar, Reiza D. Dienaputra menilai, Inggit Garnasih menjadi tokoh penting dalam safari politik Ir. Soekarno saat membangun kesadaran rakyat tentang pentingnya kemerdekaan sekaligus pendirian Partai Nasional Indonesia (PNI) pada 1927. 

"Inggit Garnasih menjadi aktor penting dalam menguatkan Soekarno di pengasingan, baik Ende maupun Bengkulu. Sosok pejuang wanita dan wanita pejuang yang berhasil menjadikan pemuda Soekarno sebagai proklamator dan Presiden Pertama Republik Indonesia," terang Reiza. 

Pernyataan senada disampaikan Anggota DPRD Jabar Abdy Yuhana. Menurutnya, Inggit Garnasih memberikan peran yang cukup besar dalam membangun bangsa Indonesia.  

"Atas jasa-jasanya memberikan peran yang cukup besar dalam konteks kekonsistenan membangun bangsa ini, maka sangat tepat Bu Inggit ini diberikan gelar pahlawan nasional," katanya.

Selain menjadi tokoh penting dalam perjuangan Ir. Soekarno, Inggit Garnasih pun menjadi motivator bagi Ir. Soekarno untuk terus tumbuh dan berkembang menjadi pemimpin besar di Indonesia.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut