get app
inews
Aa Read Next : Polda Jabar Pastikan Masih Cari Tiga Pembunuh Vina di Cirebon yang Buron

Antisipasi Erupsi Tangkuban Parahu, Warga Diajak Ikut Rawat Drainase Lahar Dingin

Minggu, 12 Maret 2023 | 15:42 WIB
header img
Gunung Tangkuhan Parahu. (Foto: Dok MPI)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Brimob Polda Jabar mengajak masyarakat untuk sama-sama ikut menjaga dan merawat infrastruktur drainase lahar dingin Tangkuban Parahu.

Dansat Brimob Polda Jabar, Kombes Pol Yuri Karsono mengatakan, masyarakat diharapkan untuk tidak membuang sampah ke tempat drainase lahar dingin tersebut. Apalagi, jika sampai merusaknya.

"Kalau dirusak, yang ditakutkan saat terjadi bencana alam letusan Gunung Tangkuban Parahu dan gorong-gorong serta drainase tidak bisa dipakai, lahar dingin bisa berdampak ke masyarakat," kata Kombes Pol Yuri Karsono, Sabtu (11/3/2023).

Menurutnya, hadirnya drainase lahar dingin tersebut bertujuan untuk meminimalisasi korban jiwa dan materil saat Gunung Tangkuban Perahu mengalami erupsi.

"Tempat aliran ini sengaja di buat agar saat Gunung Tangkuban Parahu meletus dan menyeburkan lahar, material vulkanik itu akan mengalir ke tempat yang telah dibuat agar tidak menerjang permukiman penduduk dan fasilitas umum seperti jalan raya," terangnya.

Karena itu, untuk mengantisipasi bencana, anggota diinstruksikan rutin melakukan patroli ke tempat-tempat rawan bencana alam.

"Sebab bencana alam datang bisa kapan saja," ujarnya.

Kombes Pol Yuri Karsono memastikan, saat ini drainase aliran lahar dingin tersebut dalam kondisi baik dan tidak mengalami kerusakan sedikit pun.

"Tim SAR Sat Brimob Polda Jabar rutin berpatroli ke semua tempat khususnya memantau Gunung Tangkuban Parahu yang masih aktif," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut