Logo Network
Network

102 UMKM Berhasil Tingkatkan Skala Bisnis dan Ciptakan Kesempatan Kerja

Abbas Ibnu Assarani
.
Sabtu, 18 Maret 2023 | 09:24 WIB
102 UMKM Berhasil Tingkatkan Skala Bisnis dan Ciptakan Kesempatan Kerja
kegiatan Apresiasi Kesuksesan Bisnis dan Pameran Pengusaha Muda Program YOUth Business Learning ASpiraTion (YOU-BLAST) . (Foto:Istimewa)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id – Lebih dari 100 pengusaha muda di Sidoarjo, Surabaya, dan Bandung Raya baru-baru ini memamerkan bisnis inovasi mereka dalam kegiatan Apresiasi Kesuksesan Bisnis dan Pameran Pengusaha Muda Program YOUth Business Learning ASpiraTion (YOU-BLAST) yang diselenggarakan oleh Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia) bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI), dengan dukungan penuh Citi Foundation.

Sejak Maret tahun lalu, mereka telah mengikuti serangkaian pelatihan dan pendampingan intensif agar dapat mengelola bisnis secara lebih terstruktur dan mampu meningkatkan skala bisnis mereka secara berkelanjutan. Hasilnya, mereka mampu mengumpulkan total pendapatan bisnis hingga Rp 5,3 miliar dan menciptakan kesempatan kerja bagi 383 orang selama tujuh bulan beroperasi.

Data dari Kementerian Koperasi dan UMKM menunjukkan bahwa UMKM di Indonesia mampu menyerap 97% dari total tenaga kerja di Indonesia serta berkontribusi terhadap PDB nasional sebesar 61%. 

Director and Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, Puni A. Anjungsari mengungkapkan pengusaha muda merupakan aset besar perekonomian negara yang potensinya perlu dimaksimalkan demi menyokong ketenagakerjaan di Indonesia.

"Kami pun sangat bangga terhadap prestasi yang diraih oleh para peserta program YOU-BLAST dan kesempatan kerja yang mereka ciptakan untuk masyarakat sekitar," kata Puni, Sabtu (18/3/2023).

Dikatakanya, angka yang fantastis ini merefleksikan besarnya potensi yang dimiliki sektor UMKM dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia dan upaya program YOU-BLAST dalam mendukung pemerintah untuk meningkatkan angka ketenagakerjaan di Indonesia.

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.