Logo Network
Network

102 UMKM Berhasil Tingkatkan Skala Bisnis dan Ciptakan Kesempatan Kerja

Abbas Ibnu Assarani
.
Sabtu, 18 Maret 2023 | 09:24 WIB
102 UMKM Berhasil Tingkatkan Skala Bisnis dan Ciptakan Kesempatan Kerja
kegiatan Apresiasi Kesuksesan Bisnis dan Pameran Pengusaha Muda Program YOUth Business Learning ASpiraTion (YOU-BLAST) . (Foto:Istimewa)

"Hal ini turut menjadi salah satu fokus utama kami di CitiPeka, payung dari seluruh program pengembangan komunitas di Citi Indonesia, untuk meningkatkan kemampuan kerja dan peluang ekonomi bagi generasi muda sebagai penerus bangsa,"ucapnya.

"Kami berharap seluruh peserta dapat terus mengembangkan bisnis yang telah dirintis demi menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi diri mereka sendiri dan masyarakat sekitar," tambahnya.

Program YOU-BLAST ini merupakan pengembangan dari sejumlah inisiatif kewirausahaan PJI yang telah diimplementasikan di sejumlah daerah di Tanah Air, meliputi Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Blitar, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pacitan, Kota Jayapura, dan Kabupaten Jayapura.

Berdasarkan pengalaman tersebut dan proses implementasi program YOU-BLAST tahun pertama, kegiatan Apresiasi Kesuksesan Bisnis ini juga berupaya untuk membagikan praktik terbaik mengenai model pelatihan yang efektif untuk  mendorong peningkatan kapasitas dan skala bisnis UMKM. Informasi ini diharapkan dapat turut membantu pemerintah daerah dalam merancang kebijakan yang tepat sasaran untuk para pelaku UMKM pemula.

Academic Advisor and Operations Counsel Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner memaparkan banyak wirausaha pemula yang memulai bisnis dengan pengetahuan yang minim dan tanpa melakukan perencanaan yang matang.

Oleh karena itu, empat komponen penting untuk mendukung mereka dalam mengembangkan bisnis adalah pengetahuan manajemen bisnis, keterampilan pengelolaan keuangan personal dan bisnis, pemanfaatan teknologi untuk perluasan akses pasar, serta kepercayaan diri dan motivasi untuk berinovasi.

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.