get app
inews
Aa Read Next : Tips Membersihkan Rumah Setelah Mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H

Mudik Lebaran 2023, Inilah 8 Tips Ampuh Atasi Mabuk Perjalanan

Sabtu, 18 Maret 2023 | 11:48 WIB
header img
Mabuk perjalanan. (Foto: Ilustrasi/net)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Mudik lebaran adalah salah satu tradisi masyarakat Indonesia pada bulan Ramadhan.

Gangguan atau permasalahan yang kerap kali dirasakan saat mudik lebaran adalah mabuk perjalanan. Bukan hanya bagi anak kecil, mabuk perjalanan juga kerap kali dirasakan oleh orang dewasa.

Mabuk perjalanan sendiri disebabkan oleh sinyal campuran yang dikirim ke otak oleh mata dan telinga bagian dalam. Saat kita berada di kendaraan yang sedang melaju, tubuh Anda pastinya berada dalam posisi duduk atau diam di tempat, tapi mata dan telinga Anda melihat ke sekitar selama perjalanan.

Inilah yang dinamakan motion sickness, karena penglihatan dan pendengaran Anda bergerak, tetapi tubuh Anda nyatanya cuma diam. Lalu, bagi tubuh yang tidak terbiasa ini, otak akan mengirimkan sinyak ke tubuh. Bagian otak yang bernama thalamus akan mencari informasi apa yang salah dari tubuh Anda.

Setelah mendapatkan kesimpulan dari tubuh Anda, biasanya sering berakhir dengan kesimpulan bahwa tubuh Anda keracunan. Sehingga otak Anda akan bereaksi untuk mengeluarkan racun di tubuh dengan cara memuntahkannya atau setidaknya mengirim reaksi mual dan pusing.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut