get app
inews
Aa Read Next : Daftar Film Horor yang Tayang Selama Ramadhan

4 Amalan Malam Lailatul Qadar di 10 Hari Terakhir Ramadhan

Rabu, 12 April 2023 | 12:59 WIB
header img
Malam Lailatul Qadar. Foto ilustrasi/Ist

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Puasa Ramadhan 2023 tak terasa sudah memasuki di 10 malam terakhir. Diantara semua itu ada satu malam istimewa yang lebih baik dari seribu bulan yakni malam Laitatul Qadar.

Berdasarkan sidang isbat penetapan awal Ramadhan 2023, 10 hari terakhir Ramadhan dimulai selepas magrib, Selasa 11 April 2023. Salah satu keistimewaan di 10 hari terakhir Ramadhan adalah turunnya Al-Qur'an secara keseluruhan bagi umat manusia.

Kemudian, malam Lailatul Qadar yang lebih baik dari seribu bulan atau setara 83 tahun sebagaimana Surat Al-Qadr, ayat 1-3:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.”

Rasulullah SAW tidak menyebutkan kapan malam Lailatul Qadar. Akan tetapi hadits menjelaskan malam Lailatul Qadar ada diantara tanggal ganjil di 10 malam terakhir Ramadhan seperti dirisalahkan Aisyah RA:

"Sesungguhnya Rasulullah bersabda, "Carilah malam Qadar pada malam-malam ganjil pada sepuluh terakhir bulan Ramadhan”. (Hadis Shahih, riwayat al-Bukhari: 1878 dan Muslim: 1998).

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut