get app
inews
Aa Read Next : Ditugaskan Maju Pilkada Jakarta, Politikus Nilai Hanya Ridwan Kamil yang Bisa Imbangi Kekuatan Anies

Hindari Kemacetan, Ridwan Kamil Pesan ini ke Para Pemudik

Senin, 17 April 2023 | 15:05 WIB
header img
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dan Kapolda Jabar, Irjen Pol Akhmad Wiyagus saat mengecek kesiapan pasukan pengamanan mudik Lebaran 2023. Foto: Istimewa

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengimbau para pemudik dari wilayahnya untuk tidak berangkat pada malam hari. Hal itu agar para pemudik tidak terjebak kemacetan di perjalanan.

Pesan ini disampaikan Ridwan Kamil saat mengecek kesiapan pasukan pengamanan mudik Lebaran 2023. Setelah itu, orang nomor satu di Jabar ini membacakan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di hadapan personel Polda Jabar.

"Imbau juga kepada masyarakat agar memilih perjalanan pada waktu siang hari guna mengurai kepadatan volume kendaraan. Mengingat pada tahun lalu, masyarakat memilih perjalanan pada malam hari," kata Emil, sapaannya, saat apel pasukan pengamanan Lebaran 2023 di depan Gedung Sate, Bandung, Senin (17/4/2023).

Emil mengungkapkan, tahun ini potensi pergerakan pemudik se-Indonesia, tak terkecuali di Jabar, diprediksi akan meningkat hingga 45%. 2022 lalu, ada sekitar 85,5 juta pemudik dan tahun ini diprediksi meningkat hingga 123,8 juta pemudik di seluruh Indonesia.

Sebagai antisipasi, Polri bakal menerapkan skenario salah satunya melalui contraflow di KM 47-KM 72 Tol Cikampek. Dari KM 72 Tol Cikampek hingga KM 414 Tol Kalikangkung nantinya akan diterapkan one way untuk memperlancar arus kendaraan pemudik.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut