get app
inews
Aa Read Next : Polda Jabar Pastikan Masih Cari Tiga Pembunuh Vina di Cirebon yang Buron

Puncak Arus Balik Diprediksi Hari Ini, Polda Jabar Minta Pemudik Persiapkan Diri

Selasa, 25 April 2023 | 14:30 WIB
header img
Puncak Arus Balik Diprediksi Hari Ini. Foto ilustrasi: Okezone

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Seiring akan berakhirnya cuti lebaran 2023, puncak arus balik di Jawa Barat diprediksi akan terjadi pada hari ini, Selasa (25/4/2023).

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, jumlah kendaraan yang melintas di jalur mudik Jawa Barat dari pagi hingga siang mencapai 8.000 unit per jam.

"Perkiraan angka puncak arus balik mencapai 7.000-8.000-an kendaraan per jam," ucap Ibrahim Tompo.

Ibrahim Tompo mengatakan, peningkatan volume arus kendaraan balik mudik lebaran sudah terlihat pada Senin (24/4/2023) kemarin. Pada hari itu, 3.000 kendaraan mulai melintas dari arah timur ke barat.

"Memang sejak kemarin sudah menunjukkan peningkatan. Namun belum terjadi kepadatan. Pada Senin angka rata-rata sekitar 3.000 kendaraan per jam," ungkapnya.

Menurutnya, arus lalu lintas di jalur mudik Jawa Barat, baik arteri maupun jalan tol, masih tergolong ramai lancar.

"Masih ramai lancar," ujarnya.

Pihaknya pun mengimbau pemudik mempersiapkan perjalanan arus balik dengan baik. Cek kondisi kendaraan untuk menghindari potensi mogok atau kecelakaan lalu lintas.

"Selain itu, pengendara jangan memaksakan diri saat mulai kelelahan. Tetap waspada dan jaga kondisi fisik dan juga kendaraan," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jabar, Kombes Pol Wibowo mengatakan, arus lalu lintas di jalur mudik Jabar terpantau padat. Namun, baik di jalur tol maupun arteri tidak terjadi kemacetan.

Polda Jabar dan jajaran, melakukan langkah pengaturan rekayasa lalu lintas. Salah satunya one way ke arah Jakarta. Saat one way diberlakukan di Tol Cipali, jalur A atau yang mengarah ke Jawa Tengah dibersihkan dari arus kendaraan.

"Kendaraan yang akan menuju ke arah Jakarta dari Jawa Tengah bisa langsung menggunakan jalur A dan B termasuk penggunaan rest area karena pemberlakuan one way rest area di jalur A," tuturnya.

Kombes Pol Wibowo menyatakan, khusus untuk kendaraan dari Jakarta ke Jawa Tengah akan dialihkan ke jalur arteri di Karawang Timur, Karawang Barat, Dawas sampai Cikopo.

“Rekayasa lalu lintas yang kita lakukan ini adalah bentuk pelayanan kami kepada masyarakat dalam rangka menjamin keamanan, kelancaran, dan kenyamanan arus balik,” tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut