get app
inews
Aa Read Next : Hasil Real Count KPU, M Akhiri Hailuki Berpeluang Lolos ke DPRD Kabupaten Bandung

Ogah Setor Duit Mahar Pileg Setengah Miliar, Didin Supriadin Cabut dari Demokrat

Selasa, 09 Mei 2023 | 13:28 WIB
header img
Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Jabar, Didin Supriadin meninggalkan partainya usai dimintai duit mahar. Foto ilustrasi: Demokrat

Persoalan dimulai ketika pada Selasa 2 Mei 2023, Bendahara DPD PD Jabar tiba-tiba menghubungi Didin dan mengirim nomor rekening. Saat itu Didin diminta memberikan kontribusi untuk dana saksi sebesar Rp500 juta.

"Katanya saya akan diberikan nomor urut caleg di nomor urut 1 Dapil Jabar 15 (Kota dan Kabupaten Tasikmalaya). Kata Ibu Ratna (Bendahara DPD PD Jabar), untuk di DPC seperti Kota Bandung, Kabupaten Bogor, yang dapat no urut 1 bacaleg Kabupaten/Kota tersebut kontribusinya sebesar Rp300 juta," bebernya.

Pada Jumat 5 Mei 2023 siang, kata Didin, Sekretaris DPD PD Jabar M. Handarujati K menghubunginya melalui telepon dan meminta segera membayar. Selain itu meminta kepastian kapan bisa membayar. Didin menjawab akan diikhtiarkan dan meminta waktu paling telat 1 bulan.

Akan tetapi, sore harinya, usai salat Ashar, Sekretaris menelpon Didin kembali, dengan memberitahukan kalau posisi nomor urut 1 akan ditukar dengan Yoyom Romya yang bukan pengurus, dengan alasan Yoyom siap membayar dan Didin dikasih nomor urut 2 dengan kontribusi yang tidak terlalu besar.

Saat itu Didin mengatakan bahwa keputusan itu diserahkan ke partai, namun dia akan mencabut berkas dan dirinya tidak akan mencalonkan. Sekreatris pun bilang ke Didin untuk menunggu dalam lima menit akan ditelpon kembali. Namun sampai pagi harinya, tidak ada konfirmasi atau pun pemberitahuan lanjutan kepada saya.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut