get app
inews
Aa Read Next : Menko PMK: Tol Cisumdawu Siap Digunakan Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Pajak Tol Cisumdawu Setahun Tembus Rp20 Miliar

Rabu, 24 Mei 2023 | 17:52 WIB
header img
Tol Cisumdawu bakal sumbang pajak mulai 2023. Foto: BPJT

SUMEDANG, iNewsBandungRaya.id - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sumedang menyatakan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) akan menjadi penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Berdasarkan kalkulasi Bapenda Sumedang, pajak yang bisa didapat dari Tol Cisumdawu mencapai Rp20 miliar. Oleh karena itu, Bapenda menargetkan pendapatan PBB 2023 cukup besar.

"Karena ada potensi pendapatan PBB dari jalan Tol Cisumdawu sebesar Rp10 sampai Rp20 miliar. Jadi target keseluruhan PBB tahun 2023 sebesar Rp85 miliar," kata Kepala Bapenda Sumedang, Rohana, Rabu (24/5/2023).

Rohana menjelaskan, potensi penarikan PBB yang dimaksud baru sebatas Seksi 1 (Cileunyi-Pamulihan) dan Seksi 2 (Pamulihan- Sumedang kota). Sementara untuk ruas jalan tol Seksi 3 (Sumedang-Cimalaka) yang juga sudah difungsikan, belum dikenakan PBB.

Alasan belum ditariknya pajak di seksi tersebut lantaran pembangunannya satu paket dengan ruas jalan tol seksi lainnya yang hingga kini masih berjalan, yaitu seksi 4 (Cimalaka-Legok, Paseh) dan seksi 5 (Paseh-Ujungjaya).

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut