get app
inews
Aa Read Next : Masyarakat Diimbau Aktif Memilah Sampah Mulai Dari Rumah

Tangani Masalah Sampah, Begini Strategi Jitu Bupati Bandung

Sabtu, 03 Juni 2023 | 09:01 WIB
header img
Bupati Bandung, Dadang Supriatna saat meninjau dan meresmikan TPS3R Bedas Juara Desa Sukapura. Foto: Istimewa

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Bupati Bandung, Dadang Supriatna terus berusaha membuat inovasi dalam menangani sampah di wilayahnya. Salah satu terobosan yang dilakukannya adalah mengembangkan tempat pengelolaan sampah lewat program TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle) di desa.

Dadang Supriatna ingin ke depannya pengembangan TPS3R bisa dilaksanakan di tingkat desa yang ada di Kabupaten Bandung. Meski begitu, sejauh ini pengembangan pengelolaan sampah lewat TPS3R sudah dilaksanakan di beberapa desa, di antaranya Desa Sukapura dan Desa Cangkuang Wetan, Kecamatan Dayeuhkolot.

TPS3R Bedas Juara Desa Sukapura telah diresmikan Dadang Supriatna pada Kamis (1/6/2023), sekaligus peninjauan ke lokasi TPS3R itu. Sebelumnya, TPS3R Bedas Juara Desa Cangkuang Wetan, Kecamatan Dayeuhkolot sudah lebih awal diresmikan Bupati Bandung pada Selasa (23/5/2023).

Dadang optimis, Pemkab Bandung bisa menyelesaikan masalah persampahan dengan mengedepankan program TPS3R. Bahkan dua tahun ke depan, Kabupaten Bandung disebutnya tidak perlu lagi membuang sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

"Insya Allah saya sudah mulai, dengan pengelolaan sampah melalui TPS3R di desa. TPS3R di Desa Cangkuang Wetan Kecamatan Dayeuhkolot sudah diresmikan. Desa itu relatif sudah tidak butuh TPA lagi, karena pengolahan sampah sudah tuntas di desa dengan pengolahan TPS3R," kata Dadang.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut