get app
inews
Aa Read Next : Thailand Industrial Business Matching 2024 Buka Peluang Bisnis dengan Indonesia

4 Langkah Sederhana Kurangi Emisi Karbon di Indonesia

Rabu, 07 Juni 2023 | 10:56 WIB
header img
Berbagai cara bisa dilakukan masyarakat untuk ikut membantu mengurangi emisi karbon. Foto: Istimewa

Contoh paling sederhana adalah dengan membawa botol minum yang bisa diisi ulang, menggunakan tas belanja sendiri, serta menghindari penggunaan sedotan plastik. Penggunaan plastik pada pembungkus makanan juga bisa ditukar dengan bahan alternatif seperti rumput laut maupun Bee's Wrap, pengganti bungkus plastik yang terbuat dari kain ataupun kapas organik yang dilapisi lilin.

Usahakan juga untuk membawa dan menggunakan alat makan sendiri. Jika melakukan pemesanan makanan online bisa memanfaatkan fitur pemesanan tanpa alat makan seperti yang tersedia pada layanan GrabFood.

Apabila ingin melakukan upaya lebih lanjut, saat ini sudah banyak toko atau layanan yang menyediakan isi ulang produk harian tanpa kemasan pembungkus atau lazim dinamakan bulk store. Konsumen harus membawa wadah masing-masing saat berbelanja di toko-toko tersebut. 

2. Hemat Energi dan Air di Rumah

Energi adalah sumber dan solusi atas tantangan iklim yang ada. Saat ini, kebanyakan sumber energi listrik masih berasal dari pembakaran bahan bakar fosil yang menghasilkan emisi gas rumah kaca tinggi.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut