get app
inews
Aa Read Next : Thailand Industrial Business Matching 2024 Buka Peluang Bisnis dengan Indonesia

4 Langkah Sederhana Kurangi Emisi Karbon di Indonesia

Rabu, 07 Juni 2023 | 10:56 WIB
header img
Berbagai cara bisa dilakukan masyarakat untuk ikut membantu mengurangi emisi karbon. Foto: Istimewa

3. Daur Ulang dan Perpanjang Waktu Penggunaan Barang

Idealnya, masyarakat bisa mempraktikan proses pemilahan sampah berdasarkan jenisnya, apakah organik atau anorganik. Apabila fasilitas pemilahan sampah umum belum tersedia, saat ini terdapat beberapa layanan yang menawarkan pengelolaan sampah. 

Masyarakat juga bisa mencoba mengelola sampah di rumah dengan menggunakan sampah organik sebagai kompos dan menggunakan layanan pengumpul sampah anorganik seperti yang ditawarkan oleh GrabExpress Recycle bersama Danone-Aqua dan Octopus. Pengguna dapat memesan layanan ini di aplikasi Grab dan menyerahkan sampah anorganik seperti botol kemasan plastik, botol kaca, kardus, kaleng hingga alat elektronik kepada Mitra Pengemudi untuk diantar ke Unit Daur Ulang. Layanan ini dapat dipesan di Jakarta, Tangerang dan Bali.

Selain sampah, barang layak pakai juga bisa dikelola untuk mengurangi jejak karbon. Barang-barang yang tidak dibutuhkan bisa diberikan pada pihak membutuhkan.

Sudah banyak gerakan yang menerima pakaian atau barang masih layak pakai untuk kemudian didonasikan maupun digunakan sebagai pembuatan barang lainnya. Membeli barang bekas yang masih layak pakai seperti pakaian atau furnitur juga bisa dilakukan untuk dapat memperpanjang usia penggunaan barang dan mengurangi volume sampah di bumi kita.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut