get app
inews
Aa Read Next : Musrenbangnas 2024, Pj Bupati Sumedang: Sejarah Selarasnya Pemerintah Pusat dan Daerah

Diskanak Sumedang Terima 2.000 Vaksin LSD, Prioritaskan Sapi Muda dan Betina

Senin, 12 Juni 2023 | 09:46 WIB
header img
Diskanak Sumedang Terima 2.000 Vaksin LSD, Prioritaskan Sapi Muda dan Betina. (Foto: Sumedangkab.go.id)

SUMEDANG, iNewsBandungRaya.id - Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang menerima sebanyak 2.000 dosis vaksin Lumpy Skin Disease (LSD). Nantinya, vaksin ini digunakan untuk mengantisipasi dan pencegahan LSD di wilayah Sumedang.

Tim Kesehatan Hewan Diskanak Sumedang, drh Lia Indrawati mengaku, jumlah vaksin LSD tersebut masih jauh dari kata cukup. Sebab, populasi sapi di Sumedang saat ini total ada sekitar 32.000 lebih.

"Vaksin LSD ini masih terbatas sehingga pendistribusian dari pusat ke daerah masih sedikit," ucap Lia, dikutip Senin (12/6/2023).

Menurut Lia, pihaknya kini telah mendistribusikan vaksin tersebut ke setiap UPTD. Namun, karena jumlahnya masih terbatas maka prioritas untuk sapi usia muda dan sapi betina.

"Untuk pemberian vaksin baru akan dilaksanakan pasca Idul Adha, karena meskipun prioritas sapi muda dan betina, kami khawatir pemilik sapi jantan pun ingin mendapatkan vaksinasi dan bisa bahaya kalau sapi jantan yang telah divaksin dijadikan hewan kurban saat ini," jelasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut