get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Rute Penerbangan di BIJB Kertajati, Pemprov Jabar Berupaya Turunkan Biaya Avtur

WFA Diterapkan, Anggaran Perjalanan Dinas dan Mamin Pemprov Jabar Hemat 30 Persen

Selasa, 20 Juni 2023 | 12:28 WIB
header img
Anggaran Pemprov Jabar hemat 30 persen dengan menerapkan Work From Anywhere (WFA). Foto: Istimewa

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Pemprov Jawa Barat mulai memberlakukan sistem kerja dinamis atau Work From Anywhere (WFA) bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN). Sistem WFA disebut bisa menghemat anggaran perjalanan dinas dan makan minum (mamin) Pemprov Jabar hingga 30 persen.

Tim Ahli Gubernur bidang Reformasi, Birokrasi dan Digitalisasi, Juwanda mengatakan, ujicoba sistem WFA sudah dilakukan di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD). Hasilnya, anggaran dinas di OPD tertentu bisa dihemat.

"Jadi efisiensi dinilai dari pengalaman kemarin. Contoh di beberapa OPD kita melakukan riset perjalanan dinas hemat 30 persen, makan minum juga karena kan gak perlu kemana-mana," kata Juwanda, Selasa (20/6/2023).

Penghematan lainnya yang didapat Pemprov Jabar dari penerapan WFA adalah kebutuhan kantor, terutama listrik. Jika ASN melakukan WFA maka makin sedikit penggunaan fasilitas di dalam kantor dinas.

"Penghematan 30 persen anggaran mamin, ada juga penghematan tagihan listrik dan air. Karena orang di rumah, ruangan yang gak dipakai jadi air listrik lebih hemat," kata Juwanda.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut