get app
inews
Aa Read Next : Bentuk Kolaborasi Pemanfaatan Data, BPS Jabar Resmikan Pojok Statistik di UNPAR

4 Kampus Swasta dengan Prodi Teknik Terlengkap di Indonesia, Apa Saja?

Jum'at, 23 Juni 2023 | 22:16 WIB
header img
Kampus swasta dengan prodi teknik terlengkap di Indonesia. Foto: istimewa

JAKARTA, iNewsBandungraya.id - Ini dia daftar kampus swasta yang punya prodi teknik terlengkap di Indonesia. Salah satunya ada di Bandung lho.

Menurut Biro Tenaga Kerja Amerika, lapangan pekerjaan bidang teknik, perekayasaan teknik atau engineering akan tumbuh 4 persen hingga tahun 2031. 

Institusi itu mencatat, pendapatan seorang engineer rata-rata mencapai USD 79.840 atau setara Rp1,1 miliar, lebih tinggi dibanding rata-rata pendapatan profesi lain yang cuma USD 45.760 atau Rp640 juta.

Engineer di bidang komputer dan perminyakan bahkan memiliki pendapatan yang lebih tinggi.

Pendidikan teknik di Indonesia memiliki peran penting dalam mempersiapkan tenaga ahli bidang perekayasaan. Institut Teknologi Bandung, merupakan perguruan tinggi teknik tertua di Indonesia.

Selain universitas negeri, terdapat juga beberapa kampus swasta yang menawarkan program studi teknik dengan beragam spesialisasi.

Berikut adalah daftar kampus swasta program studi teknik terlengkap di Indonesia, yang dapat menjadi referensi bagi calon mahasiswa yang berminat untuk mengejar karir di bidang teknik :

Kampus Swasta dengan Prodi Teknik Terlengkap

1. Universitas Pertamina, Jakarta

Universitas Pertamina yang didirikan oleh PT Pertamina (Persero), memiliki kekhasan sebagai kampus teknologi dan bisnis berorientasi energi. 

Dari 15 program studi (prodi) yang ada, sebelas prodinya adalah di bidang teknik. Diantaranya Teknik Perminyakan, Teknik Geofisika, Teknik Geologi, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Logistik, dan Teknik Elektro. 

Prodi-prodi teknik didukung laboratorium yang terkini, bekerja sama dengan Pertamina grup. Staf pengajarnya pun 56 persennya bergelar doktoral yang sebagian besar lulusan mancanegara, disokong 20 persen dosen praktisi industri. 

Tak heran jika 96 persen lulusan universitas ini telah bekerja, wirausaha atau lanjut S2. 

Apalagi dengan dukungan Pertamina melalui program Lulusan Merah Putih, yang tahun ini memberikan kesempatan bagi 45 lulusan terbaik Universitas Pertamina untuk berkarir di Pertamina grup sebagai pekerja tetap.

2. Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), Bandung

Kampus swasta kedua yang memiliki program studi teknik terbaik ada di Bandung, tepatnya di Universitas Katolik Parahyangan atau UNPAR. 

Fakultas Teknik UNPAR menawarkan berbagai program studi, seperti Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Sipil, dan Teknik Arsitektur. 

Setiap program studi ditujukan untuk mempersiapkan mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam industri terkait. UNPAR juga memiliki dosen-dosen berkualitas dan fasilitas laboratorium yang memadai.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut