get app
inews
Aa Read Next : Ada Main di PPDB, Kadisdik Jabar Komitmen Tandatangani Fakta Integritas Keluar dari Jabatan

Survei IDM Strategic: Generasi Z Jabar Internetan 10 Jam Sehari

Rabu, 12 Juli 2023 | 19:11 WIB
header img
Peneliti senior IDM Strategic, Gilang Mahesa. Foto: Istimewa

Di sisi lain, ternyata aksebilitas yang tinggi pada Gen Z dan Gen Y Milenial diikuti dengan perilaku yang lebih moderat dan terbuka dalam konsumsi konten digital baik dalam bentuk informasi, gambar, video ataupun aplikasi.

Kendati secara umum, hasil pengukuran terkait Kesehatan Digital menunjukan ada masalah yang dihadapi oleh semua generasi (nilai indeks 2.38 ). Akan tetapi, aksebilitas internet yang tinggi dan perilaku konsumsi digital yang cukup terbuka dan moderat pada Gen Z dan Gen Y Milenial ternyata membawa dampak yang cukup signifikan pada kondisi kesehatan digital.

Hasil Survei Pengukuran menemukan, kedua generasi ini memiliki nilai indeks paling rendah (Gen Z : 1.94 dan Gen Y : 2.21) yang menunjukan bahwa ada masalah terkait dengan kesehatan digital mereka.

Pengukuran juga menemukan, perilaku etika digital responden yg merepresentasikan warga Jabar menunjukan bahwa ada kesadaran akan pentingnya prinsip-prinsip etika dalam interaksi digital, termasuk menghormati hak kekayaan intelektual konten digital. 

Literasi digital yang cukup baik di Gen Z dan Gen Y mendorong mereka dapat lebih memahami dan menghargai pentingnya ruang private, pengakuan pada hak cipta, menghindari pelanggaran. Namun, kesadaran tersebut masih belum cukup mendorong perilaku etika yang lebih baik dalam penggunaan dan berbagi konten digital.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut