Menurut Hataichanok, saat ini produk kosmetik dan perawatan pribadi berkembang pesat. Pertumbuhan yang kuat ini, di antaranya karena adanya pergeseran generasi, yakni konsumen muda yang mulai memasuki pasar.
"Pada saat yang sama, perubahan ini diperkuat oleh internet dan media sosial, yang memiliki efek jangka panjang pada perilaku pembelian produk kecantikan," ungkapnya.
Hataichanok mengatakan, salah satu tren penting dalam pasar kecantikan dan perawatan pribadi di Thailand adalah peningkatan penjualan online. Pada tahun 2023, diperkirakan bahwa 11,8 persen dari total pendapatan di pasar ini akan dihasilkan melalui penjualan online.
"Perkembangan teknologi dan kemajuan dalam e-commerce telah membuka peluang baru bagi perusahaan-perusahaan kecantikan untuk mencapai konsumen secara online dan meningkatkan penetrasi pasar mereka," imbuhnya.
Hataichanok menilai, perkembangan teknologi juga telah memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan pasar kecantikan dan perawatan pribadi di Thailand. Inovasi produk, peningkatan kualitas, dan kemudahan akses melalui platform online telah menjadi faktor penting dalam memenuhi kebutuhan dan preferensi konsumen.
Editor : Rizal Fadillah