get app
inews
Aa Read Next : Kantor BPJS Ketenagakerjaan di IKN Padukan Konsep Alam, Budaya, dan Manusia

Patung Garuda Karya Nyoman Nuarta di IKN Nusantara Miliki Berat 290 Gajah

Rabu, 19 Juli 2023 | 14:39 WIB
header img
Patung Garuda IKN Nusantara yang tengah dibuat I Nyoman Nuarta. Foto: Dok. Nyoman Nuarta

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Seniman, I Nyoman Nuarta terus menggebar pembangunan patung barung Garuda yang akan dipasang di kantor kepresidenan pada Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim). Bahkan nantinya berat dari patung burung Garuda jika sudah selesai seperti 290 gajah.

I Nyoman Nuarta mengungkapkan, patung burung Garuda IKN Nusantara yang dikerjakannya sejak Februari 2023 itu memiliki perbedaan dengan karya dia lainnya. Sebab patung kali ini akan ditempatkan sebagai ikon IKN yang notabene ibu kota Indonesia.

"Pengerjaan (patung IKN) dibagi menjadi 17 segmen. Saat ini pengerjaan bilah selubung tengah dilakukan," ungkap Nyoman saat ditemui, Rabu (19/7/2023). 

Nyoman menjelaskan, patung Garuda IKN tersebut berbahan kuningan dan baja tahan cuaca. Dua bahan itu lantas digabungkan dalam satu bilah selongsong yang nantinya akan disusun secara berjejer membentuk burung Garuda sesuai desain yang sudah disepakati oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Bahan anti karat, beberapa waktu akan karatan dulu. Tapi lama-lama akan berubah. Ini kuningan ada campuran timah, bahan dasar kan tembaga dicampur dan ada logam lain," jelasnya.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut