get app
inews
Aa Read Next : Sejarah Singkat Hari Buruh 1 Mei, Diperingati di Seluruh Dunia

Asal Mula Nama Jagakarsa, Daerah di Jaksel yang Terkenal Sejuk

Kamis, 20 Juli 2023 | 14:36 WIB
header img
Setu Babakan, salah satu tempat wisata di Jagakarsa. (Foto: celebrities.id/Siska Permata Sari)

JAKARTA, iNewsBandungRaya.id - Bagi warga Ibu Kota, mungkin nama Jagakarsa sudah tidak asing lagi di telinga mereka. Salah satu daerah di Jakarta Selatan (Jaksel) ini terkenal sejuk karena masih banyak taman dan pepohonan.

Selain itu, Jagakarsa juga memiliki banyak tempat wisata yang menawarkan kesejukan. Sebut saja Setu Babakan yang terkenal dengan kampung betawinya, Taman Tabebuya, Taman Lansia dan Anak Buni, dan lain sebagainya.

Bukan hanya tempat wisata, daerah ini juga dikenal dengan perumah elite-nya. Diketahui, ada enam kelurahan di Kecamatan Jagakarsa yaitu Lenteng Agung, Tanjung Barat, Jagakarsa, Ciganjur, Srengseng Sawah, dan Cipedak.

Namun tahukah kamu, jika nama Jagakarsa ini terinspirasi dari nama Pangeran Jagakarsa Surowinangun yang bergelar Syeikh Jaga Raksa.

Pangeran Jagakarsa atau Jaga Raksa merupakan keturunan Raden Fattah dari Demak yang diutus Kerajaan Mataram untuk melawan Portugis di Sunda Kelapa pada tahun 1505. Pangeran Jagakarsa membuat pemukiman di wilayah ini sejak tahun 1526 Masehi.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut